Sukses


Valentino Rossi Kritik Race Stewards soal Kontroversi di MotoGP Styria

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengkritik Race Stewards karena bertindak tak konsisten terkait aturan track limit pada MotoGP Styria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (24/8/2020).  Kontroversi mencuat karena pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, tidak dihukum meski melewati track limit saat berduel dengan Jack Miller di lap terakhir. 

Salah satu pembalap yang meradang adalah Joan Mir. Pembalap Suzuki itu mengatakan Espargaro harusnya dihukum turun satu posisi karena melintas di area hijau lintasan pada lap terakhir. 

Namun, Pol Espargaro tetap berhak naik podium ketiga, di belakang Miguel Oliveira dan Jack Miller. Mirr hanya menempati posisi keempat. 

Padahal di Moto2 Styria, Jorge Martin kena hukuman turun satu posisi karena melakukan hal yang sama pada lap terakhir. Sang pembalap akhirnya kehilangan kemenanannya dan harus puas menjadi runner up. Namun, Pol Espargaro terbebas dari hukuman yang sama. 

Valentino Rossi angkat bicara tentang kontroversi track limit itu. The Doctor melontarkan kritik keras kepada Race Stewards.  

"Kami telah banyak membicarakan ini di Komisi Keselamatan dan menurut saya situasinya di luar kendali. Menurut saya tak boleh sama sekali melaju di bagian hijau di lintasan, tapi malah ada yang diizinkan melakukannya tiga atau empat kali dan dan setiap orang memanfaatkan sebagian besar aturan," kata Rossi, seperti dilansir GP One

"Bagi saya, setiap kali insiden itu terjadi, Anda harus dipaksa mundur satu posisi atau kena penalti. Bagian yang dicat hijau, jalurnya lebih aman, tetapi orang harus berpikir bahwa seharusnya ada pembatas atau rumput," imbuh Valentino Rossi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tekanan Besar

Rossi juga mengomentari duel yang terjadi antara Pol Espargaro dan Jack Miller pada lap terakhir yang berujung kontroversi track limit tersebut. 

"Menurut saya, mereka (Race Sterward) menganggap Pol masuk ke area hijau karena Jack mendorongnya ke arah sana. Tapi, saya tak melihat dengan pasti, jadi saya tak ingin masuk ke detailnya. Tapi satu hal yang pasti, saat ini Anda dapat melaju kencang di area hijau dan tidak kehilangan apa-apa," tutur Rossi. 

"Saya tahu streward di bawah tekanan setelah insiden Zarco (tabrakan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di MotoGP Austria pekan lalu). Tapi mereka harus lebih menyeragamkan aturan. Pekerjaan meerka tidak mudah, tapi kami perlu meningkatkan levelnya," imbuh pembalap asal Italia itu. 

Sumber: GP One, Speedweek

 

Video Populer

Foto Populer