VIDEO: Pembalap Yamaha Dominasi Kualifikasi MotoGP San Marino, Maverick Vinales Terdepan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 13 Sep 2020, 11:47 WIB
Diperbarui 13 Sep 2020, 11:47 WIB

Bola.com, Jakarta Maverick Vinales pimpin dominasi pembalap Yamaha saat kualifikasi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Sabtu (12/9/2020).

Semua pengendara Yamaha YZR-M1 berhasil finis pada posisi 1-4. Hal tersebut merupakan sejarah untuk pertama kali dalam sesi kualifikasi MotoGP, posisi 1-4 di dominsi pembalap Yamaha.

Maverick Vinales mencatatkan waktu 1 menit 31,411 detik untuk finis pertama. Dia mengungguli rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli di urutan kedua dengan gap 0,312 detik.

Sedangkan, Fabrio Quartararo dan Valentino Rossi berhasil meraih pole position ketiga dan keempat dalam kualifikasi tersebut.

Fabio Quartararo finis ketiga. Dia memiliki gap 0,380 detik dari peraig pole position MotoGP San Marino.

Adapun Valentino Rossi melengkapi dominasi Yamaha untuk finis keempat. Lap terbaiknya juga tidak terlalu jauh dari Vinales yaitu hanya berselisih 0,466 detik.

Sirkuit Misano memang dinilai cocok untuk motor Yamaha mengungguli pesaing-pesaing lainnya. Meskipun pada balapan sebelumnya tidak ada tim Yamah yang berhasil menebus podium, namun kali ini mereka mendominasi pole position.

Adapun torehan pole position tersebut bisa menjadikan pembalap Yamaha mendominasi posisi podium dalam balapan yang akan digelar pada Minggu (13/09/20).

Adapun torehan pencapaian pada kualifikasi ini, menjadikan sebuah rekor baru, yang pertama adalah Pertama untuk kali pertama sepanjang sejarah MotoGP, pembalap Yamaha finis 1-4 pada sesi kualifikasi.

Kedua, lap terbaik Vinales: 1 menit 31,411 detik merupakan rekor lap baru motor MotoGP ketika mengaspal di Sirkuit Misano. Pembalap asal Spanyol itu mengalahkan rekor milik Jorge Lorenzo.

Kita lihat saja aksi dari Maverick Vinales dan para pembalap Yamaha dalam MotoGP San Marino nanti.