MotoGP Emilia Romagna, Bukan Hari Keberuntungan Rossi dan 2 Anak Didiknya

Oleh Yus Mei Sawitri pada 20 Sep 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 21:00 WIB
Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjelang sesi latihan bebas pertama MotoGP Andalusia 2020, Jumat (24/7/2020). (AFP/Javier Soriano)

Bola.com, Jakarta Tepat sepekan lalu, Valentino Rossi dan dua anak didiknya, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia, berjaya di MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Namun, di sirkuit yang sama, Minggu (20/9/2020), ketiga pembalap Italia itu gagal mengulangi torehan menakjubkan seperti pekan lalu.

Pekan lalu, Morbidelli dan Bagnaia berhasil finis pertama dan kedua. Adapun Valentino Rossi kehilangan podium ketiga pada lap terakhir dari Joan Mir dan menempati posisi keempat. Namun, Rossi masih bisa tersenyum lebar karena dua anak didiknya berhasil naik podiun.  

Balapan kedua yang berlangsung di Sirkuit Misano pada musim ini bertajuk MotoGP Emilia Romagna. Kali ini, Rossi dan kedua anaknya tidak bisa dekat-dekat ke podium. 

Hasil terbaik dari ketiga pembalap itu ditorehkan oleh Franco Morbidelli. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu, yang pekan lalu menjuarai MotoGP San Marino, kali ini hanya finis kesembilan.

Catatan waktu Morbidelli juga terpaut jauh dari sang kampiun, Maverick Vinales. Ia defisit lebih dari 15 menit dibanding Vinales. 

Valentino Rossi yang pertama kali bernasib sial di MotoGP Emilia Romagna. Dia sedang melaju di posisi ketujuh ketika terjatuh di tengah balapan, tepatnya di Tikungan 4 lap kedua. 

Rossi sempat melanjutkan balapan di posisi buncit. Namun, The Doctor akhirnya gagal finis. Ambisi untuk merengkuh podium ke-200 di ajang MotoGP bagi Rossi kembali tertunda. 

2 dari 3 halaman

Kesialan Tragis Bagnaia

Francesco Bagnaia
Francesco Bagnaia. (AFP/Andreas Solaro)

Pembalap yang bernasib paling sial jelas Francesco Bagnaia. Setelah pekan lalu menjadi runner up, Pecco punya kans besar meraih kemenangan perdananya di MotoGP. 

Pecco sempat melaju sendirian di depan, unggul lebih dari dua detik atas pembalap di posisi kedua, Maverick Vinales. Tapi, apa daya, Bagnaia malah terjatuh ketika menikung. 

Padahal saat itu, ia melaju tanpa tekanan dari pembalap mana pun. Kru Pramac Ducati terlihat kaget dan seolah tak percaya ketika sang pembalap terjatuh dan kesempatan naik podium utama terbuang begitu saja. 

Balapan MotoGP Emilia Romagna memang bukan hari keberuntungan bagi Rossi dan dua anak didiknya. 

Sumber: MotoGP 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Hasil Seri Terakhir MotoGP 2020, Miguel Oliveira Tercepat