6 Fakta Menarik pada MotoGP Emilia Romagna: Berakhirnya Kutukan di Misano

Oleh Yus Mei Sawitri pada 20 Sep 2020, 22:35 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 22:35 WIB
Maveric Vinales dan Joan Mir
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maveric Vinales (kanan) dan rider Suzuki, Joan Mir, pada balapan MotoGP Emilia Romagna, di Sirkuit Misano, Minggu (20/9/2020). (AFP/Andreas Sorano)

Bola.com, Jakarta Balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (20/9/2020), berlangsung ketat dan bertabur drama. Pembalap Monster Energy Yamaha yang start terdepan, Maverick Vinales, akhirnya bisa menyabet kemenangan. 

Balapan ini diwarnai drama yang dialami pembalap Pramac Ducati, Pecco Bagnaia. Ia membuang kesempatan emas naik podium utama setelah terjatuh pada lap ke-21. 

Insiden itu sangat pahit bagi Bagnaia dan timnya. Alasannya, Bagnaia sedang melaju sendirian di depan dan sudah unggul lebih dari dua detik atas posisi kedua, Vinales. Podium utama sudah di depan mata.  

Namun, apa daya Bagnaia malah terjatuh saat menikung. Padahal ia sedang tidak mendapatkan tenanan dari siapa pun. 

Alhasil, Bagnaia harus mengubur impiannya menjuarai balapan MotoGP Emilia Romagna. Vinales memanfaatkan kesalahan Bagnaia itu untuk merebut kemenangan perdananya musim ini. 

Selain kesialan Bagnaia, berikut ini fakta-fakta menarik lainnya setelah balapan MotoGP Emilia Romagna yang dijuarai Vinales. 

2 dari 7 halaman

1. Vinales Pecahkan Kutukan di Sirkuit Misano

Maverick Vinales
Pembalap Yamaha, Maverick Vinales, bersyukur bisa memanfaatkan musibah Francesco Bagnaia sehingga finis terdepan pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. (AFP/Andreas Solaro)

Kemenangan Vinales di MotoGP Emilia Romagna berhasil mematahkan kutukan di Sirkuit Misano. Setelah lebih dari satu dekade, akhirnya kembali ada pemenang balapan MotoGP di Sirkuit Misano yang mengawali balapan dari pole. 

Pembalap Monster Energy Yamaha itu start terdepan pada MotoGP Emilia Romagna. Vinales sebenarnya hampir kehilangan kans juara ketika Francesco Bagnaia memimpin sendirian di depan. 

Tapi, pada lap ke-21 Bagnaia terjatuh dan Vinales akhirnya bisa melaju mulus hingga garis finis. 

Terakhir kali pemegang pole berhasil juara balapan MotoGP di San Marino tersaji pada 2010. Saat itu, gelar juara menjadi milik Dani Pedrosa. Setelah itu, para pemegang pole selalu gagal menjuarai balapan MotoGP di Misano. 

 

 

  

3 dari 7 halaman

2. Vinales Akhiri Paceklik Kemenangan Tim Pabrikan Yamaha

Maverick Vinales
Pembalap Yamaha, Maverick Vinales, bersyukur bisa memanfaatkan musibah Francesco Bagnaia sehingga finis terdepan pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. (AFP/Andreas Solaro)

Sebelum balapan MotoGP Emilia Romagna 2020, Yamaha telah mengantongi tiga kemenangan pada musim ini. Namun, ketiga kemenangan itu dipersembahkan dari tim satelit Petronas Yamaha SRT. Fabio Quartararo menyabet kemenangan di MotoGP Jerez dan Andalusia, sedangkan Franco Morbidelli di MotoGP San Marino. 

Dua pembalap pabrikan Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales malah banyak mengalami kesulitan. Tim Monster Energy Yamaha paceklik juara sejak MotoGP Malaysia 2019. 

Alhasil, keberhasilan Vinales menjuarai MotoGP Emilia Romagna sukses menyudahi paceklik kemenangan tim pabrikan Yamaha. 

4 dari 7 halaman

3. Bagnaia Buang Kans Menambah Panjang Daftar Juara Baru Musim Ini

Francesco Bagnaia
Francesco Bagnaia. (AFP/Andreas Solaro)

Pembalap Pramac Ducati, Francesco Bagnaia, benar-benar mengalami nasib sial di MotoGP Emialia Romagna. Dia membuang kans menambah panjang daftar juara baru pada musim ini. 

Sebelumnya, sudah ada empat juara baru MotoGP yang muncul pada musim ini, yaitu Fabio Quartararo, Brad Binder, Miguel Oliveira, dan Franco Morbidelli.  

5 dari 7 halaman

4. Persaingan Sengit di Klasemen

Klasemen Sementara MotoGP 2020, Quartararo Hati-hati Dikudeta Dovizioso
Andrea Dovizioso (Ducati). (AFP/Lluis Gene)

Persaingan di klasemen MotoGP 2020 benar-benar sengit setelah balapan MotoGP Emilia Romagna. Andrea Dovizioso masih bertengger di puncak klasemen MotoGP 2020. Namun, ia hanya unggul satu poin atas peringkat kedua dan ketiga, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. 

Ketatnya persaingan juga bisa dilihat dari jarak peringkat pertama dan keempat. Dari posisi pertama hingga keempat, yang dihuni Joan Mir, hanya terpisah empat poin. 

6 dari 7 halaman

5. Podium Disapu Bersih Pembalap Spanyol Pe

Maverick Vinales
Selebrasi pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, di podium setelah menjuarai balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Minggu (20/9/2020). (AFP/Adreas Solaro)

Pembalap Spanyol benar-benar mendominasi balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano. Podium berhasil disapu bersih oleh pembalap Spanyol, yaitu Vinales, Joan Mir, dan Pol Espargaro. 

Fabio Quartararo (Prancis) sebenarnya finis ketiga pada balapan MotoGP malam ini. Namun, posisinya melorot ke urutan keempat setelah kena penalti tiga detik karena melanggar track limit. 

7 dari 7 halaman

6. Podium ke-200 untuk Rossi Kembali Tertunda

Valentino Rossi
Valentino Rossi. JAVIER SORIANO / AFP

Hasrat pembalap Valentino Rossi untuk menyabet podium ke-200 di MotoGP kembali tertunda. Peluangnya tertutup setelah terjatuh pada lap kedua. 

The Doctor sempat mampu melanjutkan balapan dan berada di posisi ke-18. Namun, Rossi akhirnya tidak berhasil merampungkan balapan. 

Sumber: MotoGP

Lanjutkan Membaca ↓
Hasil Seri Terakhir MotoGP 2020, Miguel Oliveira Tercepat