Sukses


Head to Head Persaingan Juara Dunia MotoGP 2020: Fabio Quartararo Vs Joan Mir, Sama-sama Muda dan Berbahaya

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2020 telah menggelar delapan seri dan melahirkan enam pembalap berbeda yang berhasil meraih kemenangan. Tercatat empat nama bahkan berstatus baru sekali meraih kemenangan di ajang MotoGP.

Keempatnya adalah Fabio Quartararo, Brad Binder, Miguel Oliveira sampai terbaru Franco Morbidelli. Ya, peta persaingan MotoGP 2020 memang sulit diprediksi.

Namun setelah delapan seri ada dua pembalap muda yang begitu menonjol dan kandidat kuat untuk bersaing jadi juara dunia MotoGP 2020: Fabio Quartararo dan Joan Mir.

Untuk sementara, Fabio Quartararo mengungguli Joan Mir dengan selisih delapan poin. Pada kesempatan ini, Bola.com mengajak pembaca mengetahui head to head antara dua pembalap untuk beberapa aspek. Berikut penjabarannya.

Siapa Termuda?

Joan Mir merupakan pembalap kelahiran Palma, Spanyol pada 1 September 1997 atau kini usianya mencapai 23 tahun. Fabio Quartararo sendiri punya usia lebih muda: 21 tahun dan alhir di Nice, Prancis, 20 April 1999.

Siapa yang Debut Terlebih Dahulu di MotoGP?

Usia 23 tahun lawan 21 tahun. Tapi Fabio Quartararo dan Joan Mir sama-sama melalukan debut di MotoGP pada musim 2019. Dalam perebutan titel Rookie of The Year, Fabio Quartararo mengalahkan Joan Mir.

Siapa Pernah Merasakan Titel Juara Dunia?

Berbicara sepak terjang di kelas Moto2 atau Moto3, nama Joan Mir lebih mengkilap ketimbang Fabio Quartararo. Joan Mir bahkan merasakan titel juara dunia Moto3 2017. Sepak terjang Fabio Quartararo di kelas Moto2 dan Moto3 terbilang biasa.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Head to Head MotoGP 2020

Kemenangan Pertama?

Fabio Quartararo merasakan kemenangan perdana di ajang MotoGP saat finis pertama di MotoGP Jerez. Sampai sekarang ia sudah menang tiga kali. Sementara Joan Mir belum pernah finis pertama pada balapan MotoGP. Tapi ia telah mengemas empat podium pada kelas tertinggi. 

Statistik MotoGP 2020, Siapa Lebih Mentereng?

Fabio Quartararo sampai sekarang merupakan pembalap di MotoGP 2020 dengan jumlah kemenangan terbanyak yaitu tiga kali. Joan Mir memang belum menang. Tapi ia punya konsistensi fantastis. Lima balapan terakhir, empat di antaranya selalu naik podium.

Kelebihan?

Jika kombinasi pilihan ban, motor, dan sirkuit dalam level sempurna, Fabio Quartararo sangat sulit dikalahkan. Dia juga cepat baik pada single lap saat kualifikasi atau balapan.

Sementara Joan Mir bermodan motor Suzuki GSX-RR yang selalu kompetitif di semua tipe trek musim ini. Bisa dibilang sekarang Suzuki GSX-RR merupakan motor terbaik di ajang MotoGP 2020.

Kelemahan?

Motor Yamaha YZR-M1 masih punya kelemahan ketika mengaspal pada tipe trek yang butuh power besar. Inilah alasan Fabio Quartararo sangat kepayahan pada MotoGP Austria dan Styria.

Joan Mir dan motor Suzuki GSX-RR memang sangat kompetitif dalam hal race pace. Tapi untuk single lap, pembalap Suzuki belum bisa berbicara banyak. Terbukti posisi Joan Mir saat kualifikasi terbilang biasa saja. Ini tentu memperberat langkah untuk meraih kemenangan pada balapan.

 

Video Populer

Foto Populer