Sukses


MotoGP Prancis: Hujan Buat Banyak Drama, Danilo Petrucci Menang dan Alex Marquez Naik Podium

Bola.com, Le Mans - Balapan seri kesembilan MotoGP 2020 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020) berjalan penuh drama. Hujan jadi penyebabnya.

Hasil balapan MotoGP Prancis penuh kejutan. Pembalap Ducati yang sempat terlupakan, Danilo Petrucci berhasil finis pertama sekaligus kemenangan perdana sang pembalap sejak MotoGP Italia 2019.

Petrucci juga menjadi pembalap ketujuh berbeda yang bisa merasakan kemenagan di MotoGP 2020. Kejutan juga dibuat adik dari Marc Marquez, Alex Marquez.

Bagaimana tidak, untuk kali pertama musim ini, ia bisa finis kedua atau jadi pembalap ke-15 berbeda yang merasakan podium pada MotoGP 2020.

Buat Alex Marquez, seorang rookie, ini juga jadi podium perdana untuk juara dunia Moto2 2019 itu. Sebuah prestasi membanggakan lantaran sepanjang musim 2020, ia sangat kesulitan.

Adapun podium ketiga akhirnya diisi pembalap KTM, Pol Espargaro. Dia memanfaatkan habisnya ban Andrea Dovizioso pada penghujung balapan.

Sementara dua pembalap papan atas, Fabio Quartararo dan Joan Mir tampil buruk kali ini. Quartararo hanya finis sembilan, sementara Mir gagal ke 10 besar.

Nasib nahas juga dirasakan Valentino Rossi. Dia sudah mengakhiri balapan MotoGP Prancis setelah Tikungan 1 lantaran kecelakaan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Prancis berlangsung pada trek basah. Start lomba bahkan sempat ditunda lantaran hujan mulai turun.

Akhirnya balapan diumumkan memakai ban basah atau yang pertama sejak Valencia 2018. Kondisi sulit ini langsung memakan korban. Adalah Valentino Rossi.

Start dari urutan sepuluh, perjuangan pembalap yang sempat mendapat julukan The Rain Master terhenti di sektor Dunlop atau hanya beberapa tikungan setelah start. Rossi sempat berusaha melanjutkan balapan, tapi motornya terhenti.

Pembalap Ducati pun langsung unjuk gigi. Tiga pembalap terdepan semua diisi pengendara Ducati Desmosedici: Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Jack Miller.

Lap 14, pembalap Suzuki, Alex Rins yang start posisi 16 sudah mengancam urutan ketiga, Jack Miller. Keduanya berulang kali saling menyalip.

Lap 18 terjadi kekacauan. Empat pembalap terdepan nyaris menyenggol satu sama lain. Andrea Dovizioso yang sempat berada di urutan pertama, harus turun ke urutan empat akibat kekacauan saat masuk tikungan ini.

Petrucci akhirnya tetap berada di urutan pertama disusul Alex Rins pada posisi kedua. Tidak berselang lama, Jack Miller harus keluar dari persaingan akibat kendala teknis.

Kemudian lap 20, giliran Alex Rins yang mengalami kecelakaan. Dovizioso kembali ke poisi kedua dan Alex Marquez pun naik ke urutan ketiga.

Balapan basah ternyata sangat menguntungkan buat Alex Marquez. Karena pada lap ke-24, ia bisa mengasapi Dovizioso untuk berada di urutan kedua.

Doviziso kembali turun ke urutan empat setelah disalip oleh Pol Espargaro. Tampak ban runner-up MotoGP tiga musim terakhir itu telah habis.

Komposisi pembalap yang finis 1-3 akhirnya diisi Petrucci, Alex Marquez dan Pol Espargaro. 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Balapan MotoGP Prancis

1. Danilo Petrucci (Ducati Team) 45 menit 54,736 detik

2. Alex Marquez (Repsol Honda) +1,273 detik

3. Pol Espargaro (KTM) +1,711 detik

4. Andrea Dovizioso (Ducati) +3,911 detik

5. Johann Zarco (Avintia Ducati) +4,310 detik

6. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) +4,466 detik

7. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +5,921 detik

8. Stefan Bradl (Repsol Honda) +15,597 detik

9. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) +16,687 detik

10. Maverick Vinales (Yamaha) +16,895 detik

11. Joan Mir (Suzuki) +16,980 detik

12. Brad Binder (KTM) +27,321 detik

13. Pecco Bagnaia (Pramac Ducati) +33,351 detik

14. Aleix Espargaro (Aprilia) +39,176 detik

15. Iker Lecuona (KTM Tech 3) +51,087 detik

 

Tidak finis: Valentino Rossi (Yamaha), Tito Rabat (Avintia Ducati), Bradley Smith (Aprilia Gresini), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Alex Rins (Suzuki), Cal Crutchlow (LCR Honda), Jack Miller (Pramac Ducati)

Video Populer

Foto Populer