Sukses


Suzuki Sudah Punya DNA Pemenang, 5 Pembalap Ini Bahkan Pernah Merasakan Titel Juara Dunia

Bola.com, Alcaniz - Hasil balapan seri sepuluh MotoGP 2020 di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, Minggu (18/10/2020), kembali mencuatkan nama-nama pembalap Suzuki. Bagaimana tidak, Alex Rins dan Joan Mir bisa finis posisi 1 dan 3.

Kemenangan Alex Rins pun menandakan sudah ada delapan pembalap berbeda yang merasakan podium teratas di MotoGP 2020.

Sementara Joan Mir membuat catatan menakjubkan dengan memimpin klasemen sekaligus menahbiskan dirinya menjadi kandidat terkuat untuk menjadi juara dunia musim ini.

Joan Mir bahkan jadi pembalap Suzuki pertama sejak Kenny Roberts Jr yang berhasil memuncaki klasemen MotoGP pada musim 2000 atau 20 tahun yang lalu.

Ya, Suzuki memang sempat tenggelam di kelas premier Kejuaraan Dunia Balap Motor. Mereka terus jadi bayang-bayang tim pabrikan lain asal Jepang, Honda dan Yamaha.

Namun jika melihat sejarah, sejatinya Suzuki punya rekam jejak apik di kelas premier. Tercatat sudah ada lima pembalap merasakan titel juara dunia bersama tim ini.

Berikut Bola.com merangkum nama-nama tersebut:

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

5 Pembalap Peraih Titel Juara Dunia Bersama Suzuki

  • 1976, 1977 Barry Sheene

Dua musim di mana motor Suzuki sangat dominan. Barry Sheene pun menjadi juara dunia pada dua musim ini dengan cara yang sangat dominan.

Pada musim 1976, ia merasakan lima kemenangan. Kemudian tahun berikutnya, ia sukses menggenggam enam kemenangan meski mulai dapat persaingan dari rider Yamaha seperti Steve Baker. 1981 Marco Lucchinelli

Motor Suzuki RG500 mengantarkan dua pembalap Suzuki beda tim: Marco Lucchinelli dan Randy Mamola bersaing menjadi juara dunia kelas 500cc musim 1981.

Namun berkat lima kemenangan yang dicatat Marco Lucchinelli, ia akhirnya jadi juara dunia dengan selisih sebelas poin dari Randy Mamola.

 

  • 1982 Franco Uncini

Motor Suzuki RG500 masih jadi paket yang kompetitif. Tapi mulai dapat persaingan dari Yamaha YZR500 milik Graeme Crosby atau Honda NS500 punya Freddie Spencer.

Tapi lewat lima kemenangan yang didapat Franco Uncini, pembalap asal Italia itu akhirnya mendapat titel juara dunia. Pada akhir musim, Uncini unggul 27 poin atas Crosby.

 

  • 1993 Kevin Schwantz

Kali ini persaingan antara Kevin Schwantz dari Suzuki kontra Wayne Rainey yang memperkuat Yamaha sangat ketat. Keduanya bergantian memimpin klasemen.

Namun Rainey mengalami kecelakaan dan dibebat cedera parah pada balapan di Italia plus harus absen dua race terakhir. Schwantz pun mengakhiri musim sebagai juara dunia lewat torehan empat kemenangan.

 

  • 2000 Kenny Roberts Jr.

Musim perdana Valentino Rossi pada kelas 500cc nama ajang sebelum MotoGP. Mengendarai motor Honda, The Doctor bisa bersaing jadi juara dunia tapi kalah pengalaman dari pembalap Suzuki: Kenny Roberts Jr.

Kenny Roberts Jr merasakan empat kemenangan berbanding hanya dua kemenangan dari Valentino Rossi. Kenny Roberts Jr pun mengakhiri kelas 500cc 2000 dengan keunggulan 49 poin dari Rossi. Inipun jadi titel juara dunia terakhir Suzuki sampai dengan saat ini.

Video Populer

Foto Populer