Sukses


Batal, Rencana Launching Tim Balap MotoGP Mandalika Racing Team Indonesia di Kemenpora

Bola.com, Jakarta - Niatan Mandalika Racing Team Indonesia melakukan launching tim tepat di Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020) di Kantor Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) dipastikan batal.

Dalam keterangan pers yang diterima Bola.com, Selasa (27/10/2020), pihak Kemenpora tidak memberikan izin untuk Mandalika Racing Team Indonesia melakukan launching di kantor yang diketuai Zainudin Amali tersebut.

Pada keterangan ini tercantum empat poin yang menjadi alasan Kemenpora tidak memberikan izin. Pertama Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum, bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sehingga Kemenpora tidak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kedua Kemenpora sebagai penanggung-jawab bidang keolahragaan membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pembalap untuk MotoGP 2021 di Mandalika, termasuk Mandalika Racing Team Indonesia

Namun demikian, sepenuhnya harus berkoordinasi dengan pihak IMI selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia.

Ketiga yang memiliki kewenangan dan memberikan lisensi bagi penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Dorna Sports sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut.

Keempat sebagaimana berlaku pada koordinasi dengan cabang-cabang olahraga lainnya, maka Kemenpora hanya melakukan koordinasi tidak dengan pribadi dan atau klub olahraganya melainkan dengan induk organisasi cabang olahraga. Sehingga dalam hal terkait dengan kesiapan pembalap ini adalah langsung dengan IMI.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Tidak Menyetujui

Melalui keterangan pers ini, Kemenpora juga meluruskan informasi di berbagai media, bahwa mereka sudah menyetujui rencana penyelenggaraan jumpa pers oleh Mandalika Racing Team Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2020 di gedung dan atau halaman Kemenpora.

"Memang benar, bahwasanya pada tanggal 27 Oktober 2020 Sesmenpora telah kedatangan Mandalika Racing Team Indonesia, yang berkeinginan menyampaikan rencana jumpa pers tersebut," tulis keterangan dari Kemenpora.  

"Setelah dikonfirmasi ke beberapa pihak, ternyata beberapa hal yang terkait dengan butir-butir tersebut di atas belum sepenuhnya terpenuhi. Sehingga Kemenpora belum dapat mengizinkan adanya penyelenggaraan jumpa pers pada tanggal 28 Oktober 2020 di Kemenpora."

"Seandainya jumpa pers tersebut akan diadakan di tempat lain, Kemenpora tidak keberatan. Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Zainudin Amali) tidak teragendakan untuk menghadiri acara tersebut, karena pada tanggal tersebut sepenuhnya merupakan puncak kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 yang sudah cukup lama teragendakan," tutup keterangan itu.

Bola.com telah coba meminta pendapat dari pihak Mandalika Racing Team Indonesia terkait keterangan dari Kemenpora. Tapi belum mendapat jawaban.

Video Populer

Foto Populer