Sukses


Cal Crutchlow Gantikan Jorge Lorenzo Jadi Pembalap Penguji Yamaha di MotoGP

Bola.com, Valencia - Yamaha resmi mengumumkan Cal Crutchlow akan mengambil alih posisi Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji mereka di MotoGP pada 2021. Crutchlow juga ada kemungkinan turun balapan melalui wild card

Kabar tersebut sebenarnya sudah dikonfirmasi oleh Cal Crutchlow pada Kamis (12/11/2020). Namun, Yamaha baru mengumumkan secara resmi pada Jumat (13/11/2020). 

Pembalap Inggris berusia 35 tahun itu akan mengakhiri karir full-time grand prixnya di Portimao, Portugal, akhir pekan depan, karena tersingkir dari tim LCR Honda. Tetapi ia mungkin masih balapan lagi di MotoGP:

Tampil di balapan MotoGP 2021 dengan fasilitas wild card dimungkinkan jika dianggap bermanfaat untuk program pengujian. Crutchlow juga telah mengonfirmasi ketersediaannya untuk dipilih sebagai pembalap pengganti jika salah satu pebalap MotoGP Yamaha harus absen karena sakit atau cedera. 

"Ya, yang pertama dan terpenting, saya ingin mengucapkan selamat datang kembali kepada Cal," kata Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis, seperti dilansir Crash

"Saya masih mengingat kunjungan pertama Cal ke YMR beberapa tahun lalu sebagai juara World Supersport Champion dan ingat dia mengungkapkan keinginannya untuk maju dan maju ke MotoGP di masa depan. Setelah pindah ke Superbikes, dia kemudian menghabiskan tiga musim bersama kami di tim Monster Energy Yamaha Tech3. Kemudian melanjutkan untuk mendapatkan pengalaman tujuh tahun lebih lanjut bersama dua pesaing utama kami." 

"Kekayaan pengalaman ini, ditambah dengan pendekatan Cal yang jujur, pasti akan sangat bermanfaat bagi kami saat kami berusaha untuk meningkatkan motor YZR-M1 kami dengan program pengujian penuh tahun depan," imbuh Jarvis mengenai alasan merekrut Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji Yamaha. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Perjalanan Cal Crutchlow di MotoGP

Peran Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji Yamaha pada musim ini tidak bisa berjalan maksimal. Penyebabnya adalah pengaruh dari pandemi virus corona. 

"Tentu saja kami telah punya rencana dan berharap punya program yang kuat tahun ini bersama Jorge. Sayangnya, program dari Tim Penguji Pabrikan harus ditunda karena pandemi virus corona," ujar Jarvis. 

"Sangat disayangkan karena kami belum bisa menjalankan program pengujian dan mewujudkan tujuan kami. Kami mendoakan yang terbaik bagi Jorge di masa depan, dan kami berterima kasih atas kolaborasinya selama bertahun-tahun dengan Yamaha," imbuh Jarvis. 

Seperti diketahui Cal Crutchlow memulai petualangan di MotoGP bersama Tech3 Yamaha pada 2011. Dia memperkuat tim tersebut selama tiga musim, membukukan enam podium, sebelum pindah ke Ducati selama semusim. 

Namun, kesuksesan terbesarnya di MotoGP diraih bersama LCR Honda. Ia bergabung ke LCR Honda pada 205 dan kemudian mendapat kontrak penuh dari HRC. Selama di sana, ia merayakan tiga kemenangan, 12 podium, serta membantu pengembangan motor RCV milik Honda. 

Sumber: Crash 

Video Populer

Foto Populer