VIDEO: Kunci Gelar Juara MotoGP 2020, Joan Mir Akhiri Puasa Gelar 20 Tahun Suzuki

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 16 Nov 2020, 05:37 WIB
Diperbarui 16 Nov 2020, 05:37 WIB

Bola.com, Jakarta Pembalap Suzuki Esctar, Joan Mir, mencetak sejarah setelah berhasil menjuarai MotoGP 2020. Gelar itu menjadi yang perdana buat Joan Mir, sekaligus mengakhiri panceklik gelar yang dialami Suzuki dalam 20 tahun terakhir.

Joan Mir meraih gelar juara MotoGP 2020 setelah finis di peringkat ketujuh pada balapan GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Sirkuit Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020) malam WIB. Pembalap asal Spanyol itu finis dengan catatan waktu atau lebih lambat 8,703 detik dari Franco Morbidelli yang jadi juara.

Morbidelli pun diikuti oleh pembalap Pramac Racing, Jack Miller, di posisi kedua, dan pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro, di posisi ketiga.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, dan pembalap Red Bull KTM Factory Racing lainnya, Brad Binder.

Dengan finis di peringkat ketujuh, Joan Mir berhasil meraih koleksi sebanyak 171 poin. Hal tersebut mustahil dapat dikejar karen balapan hanya tinggal menyisakan satu kali saja.

Sedangkan kemenangan MotoGP 2020 menjadi gelar perdana yang diraih Joan Mir. Tidak hanya sampai disitu, Joan Mir juga mampu memecahkan puasa gelar juara dari Tim Suzuki selama 20 tahun.

Tim Suzuki terakhir meraih gelar juara di tahun 2000, sejak itu bersama pembalap mereka yang berasal dari Amerika Serikat, Kenny Roberts,Jr.

Torehan Joan Mir yang mengunci gelar juara MotoGP 2020 merupakan hal yang penting untuk Tim Suzuki. Joan Mir menjadi pembalap ke-6 yang berhasil persembahkan gelar di Tim Suzuki.