7 Pembalap Italia di MotoGP 2021, 4 di Antaranya Masuk 'Geng Valentino Rossi'

Oleh Hendry Wibowo pada 11 Des 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 11 Des 2020, 15:45 WIB
Valentino Rossi dan Luca Marini
Luca Marini (kanan) mendapat sambutan dari sang kakak, Valentino Rossi ketika finis tiga besar pada salah satu balapan Moto2 2020. (LLUIS GENE / AFP)

Bola.com, Jakarta - Dengan diumumkannya Lorenzo Savadori sebagai pengisi kursi Andrea Iannone di tim pabrikan Aprilia untuk MotoGP 2021, maka semua kursi pembalap pada kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor sudah bertuan.

Lewat nama Lorenzo Savadori juga, berarti ada tujuh pembalap asal Italia yang akan mengikuti MotoGP 2021. Jumlah tersebut hanya kalah dari Spanyol yang diwakili delapan pembalap.

Yang menariknya dari tujuh rider Italia di MotoGP 2021, maka bakal ada 'geng Valentino Rossi'. Ya, total tujuh pembalap dari negara tersebut, empat di antaranya punya afiliasi dengan sosok juara dunia sembilan kali itu.

Pertama, tentu Valentino Rossi. Kedua, runner-up MotoGP 2020 dan sekaligus rekan setim Rossi di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli. Ketiga, Pecco Bagnaia.

Khusus untuk Bagnaia, dirinya bahkan naik kelas dari tim satelit Pramac, pada MotoGP 20201, ia akan memperkua tim pabrikan Ducati.

Nama keempat lebih menarik. Adalah salah satu rookie MotoGP 2021, Luca Marini. Marini seperti diketahui berstatus adik tiri Valentino Rossi dan musim depan memperkuat Avintia Ducati yang akan mendapat dukungan penuh dari SKY Racing VR46, tim balap milik sang kakak.

Ya, 'geng Valentino Rossi' di MotoGP ini sudah diprediksi sejak beberapa musim lalu. Pasalnya eks pembalap Repsol Honda dan Ducati itu memiliki sebuah akademi balap yang terbukti bisa melahirkan banyak pembalap hebat.

Nama Bagnaia dan Morbidelli yang sama-sama juara dunia Moto2 ketika naik kelas ke MotoGP merupakan buktinya. Luca Marini juga sempat bersaing jadi juara dunia Moto2 2020 meski akhirnya kalah dari Enea Bastianini.

Yang pasti, karier Valentino Rossi tidak lama lagi pada ajang MotoGP. Namun setidaknya saat ia pensiun nanti, pembalap dari akademi miliknya bakal menggantikan posisinya. Apalagi The Doctor-julukannya diisukan juga bakal punya tim di MotoGP pada musim 2022.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Pembalap Italia di MotoGP 2021

Franco Morbidelli
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, menjuarai balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). (AFP/Lluis Gene)

1. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT)

2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)

3. Pecco Bagnaia (Ducati)

4. Luca Marini (SKY VR46 Avintia)

5. Enea Bastianini (Avintia)

6. Lorenzo Savadori (Aprilia)

7. Danilo Petrucci (Tech 3 KTM)

 

Lanjutkan Membaca ↓