Sukses


4 Catatan yang Jadi Bukti Adik Marc Marquez Punya Rapor Lebih Mentereng ketimbang Adik Valentino Rossi Ketika Naik Kelas ke MotoGP

Bola.com, Jakarta - Jumlah pembalap kakak beradik di MotoGP dipastikan bertambah pada musim 2021. Setelah Aleix Espargaro-Pol Espargaro dan Alex Marquez-Marc Marquez, tahun depan fans akan menyambut Valentino Rossi-Luca Marini.

Hanya saja tidak bisa dimungkiri, pertemuan trah Marquez dengan Rossi paling menarik. Karena seperti diketahui, Marc Marquez dan Valentino Rossi pernah terlibat persaingan begitu panas di MotoGP.

Tentu sangat menarik menunggu apakah hubungan Alex Marquez dan Luca Marini bakal identik seperti sang kakak. Yang pasti selama sama-sama mengikuti kelas Moto2, hampir tidak ada gesekan antara dua pembalap ini.

Namun tentu, ke depannya, siapa di antara keduanya yang bisa meraih prestasi lebih baik, bakal turut menyeret nama kaka mereka.

Kini sembari menunggu gelaran MotoGP 2021, Bola.com mengajak pembaca mengetahui empat prestasi yang membuat adik Marc Marquex punya catatan lebih mentereng ketimbang adik Valentino Rossi ketika naik kelas ke MotoGP.

Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya:

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 5 halaman

1. Lebih Banyak Menang

Alex Marquez adik Marc Marquez dan Luca Marini adik Valentino Rossi bisa dibilang pembalap satu generasi karena keduanya hanya berselisih satu tahun.

Alex sendiri mengikuti kelas Moto2 selama satu musim penuh di tahun 2015. Sementara Luca Marini satu tahun berikutnya. Saat meninggalkan Moto2 untuk naik kelas ke MotoGP, Alex merasakan delapan kemenangan.

Adapun Luca Marini tertinggal dua kemenangan dari Alex. Hitungannya kedua pembalap ini sama-sama mengikuti kelas Moto2 satu musim penuh selama lima tahun.

3 dari 5 halaman

2. Total Poin

Sama-sama mengikuti kelas Moto2 selama lima tahun, total poin yang didapat Alex Marquez di kelas ini juga lebih banyak ketimbang Luca Marini.

Tercatat Alex Marquez mengumpulkan 778 poin dengan jumlah delapan kemenangan, 23 podium, dan 12 pole position dari total menjalani 89 balapan.

Sedangkan untuk Luca Marini, ia memiliki 626 poin lewat torehan enam kemenangan, 15 podium, dan lima pole position dari total mengikuti 87 balapan.

4 dari 5 halaman

3. Titel Juara Dunia

Suka atau tidak suka, Luca Marini tidak membawa status gelar juara dunia ketika naik kelas ke MotoGP pada musim 2021. Prestasi terbaiknya pada kelas Moto2 adalah runner-up musim 2020.

Sementara di kelas Moto3, adik tiri Valentino Rossi ini tidak pernah mentas selama satu musim penuh. Adapun Alex Marquez punya catatan mentereng di kelas Moto3 dan Moto2.

Dia adalah juara dunia kelas Moto3 tahun 2014. Lalu merengkuh titel juara dunia Moto2 pada musim 2019.

5 dari 5 halaman

4. Langsung Memperkuat Tim Pabrikan

Ya, Alex Marquez memang mendapat durian runtuh ketika Repsol Honda merekrutnya di MotoGP 2020. Adalah fakta secara mengejutkan Jorge Lorenzo memutuskan pensiun.

Terlepas ada anggapan nepotisme ketika Repsol Honda menduetkan Marc dan Alex Marquez untuk MotoGP 2020, ini sebuah prestas tersendiri. Karena sangat jarang seorang rookie bisa langsung dipercaya memperkuat tim pabrikan papan atas seperti Repsol Honda.

Meski musim depan turun ke tim satelit LCR Honda, pengalaman membela Repsol Honda membuat rekam jejak Alex Marquez lebih mentereng ketimbang Luca Marini.

Marini memang hanya memperkuat tim satelit Ducati, Avintia. Dia bakal berduet dengan juara dunia Moto2 2020, Enea Bastianini.

 

Video Populer

Foto Populer