Sukses


Menpora Pastikan MotoGP Mandalika 2021 Masih Sesuai Jadwal

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengonfirmasi penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika masih sesuai jadwal. Namun, keputusan akhirnya nanti tetap berada di tangan Dorna.

MotoGP Indonesia masuk dalam daftar cadangan kalender MotoGP 2021. Dorna sebagai penyelenggara, tak ingin gegabah memasukkan Indonesia dalam seri yang akan dilalui pada 2021 karena Sirkuit Mandalika masih dalam tahap pengerjaan.

Proses pengerjaan Sirkuit Mandalika sampai saat ini masih berlangsung. Setelah itu, Dorna nantinya akan menggelar uji kelayakan lintasan untuk menentukan nasib MotoGP Indonesia.

"MotoGP itu masih tetap terjadwal pada November 2021. Akan tetapi, itu juga tergantung dari Dorna sebagai penyelenggara MotoGP," kata Zainudin Amali pada Bincang Editor yang diselenggarakan Liputan6, Selasa (29/12/2020).

"Kami belum tahu kepastian karena mereka harus memastikan betul kesiapan Indonesia. Ada proses uji kelayakan sirkuit," ucap Zainudin Amali.

Dorna telah merilis daftar 20 seri yang akan dimainkan pada MotoGP 2021. Selain MotoGP Indonesia, MotoGP Portugal dan MotoGP Rusia juga masuk dalam daftar tunggu untuk kalender 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Fakta MotoGP Indonesia

Indonesia pernah menggelar balapan motor bergengsi pada akhir tahun 1990an. Ketika itu, jadi saksi kehebatan Mick Doohan bersama Repsol Honda kala itu.

Namun, setelah itu tak ada lagi balapan MotoGP yang digelar di Indonesia. Harapan muncul ketika Dorna memastikan Sirkuit Mandalika, Lombok, masuk daftar cadangan untuk MotoGP 2021.

Sirkuit Jalan Raya Mandalika memiliki panjang 4,31 km dan memiliki 17 tikungan. Total lahan sirkuit ini mencapai 105,40 hektar. Nantinya, Sirkuit Mandalika mampu menampung sampai ratusan ribu penonton dengan rincian, 30 ribu grand stand seating, 138 ribu non-seated area, dan 7.700 orang untuk Hospitality Suites.

Video Populer

Foto Populer