Sukses


Dorna Tidak Izinkan Repsol Honda Turunkan 3 Motor di MotoGP 2021, Andrea Dovizioso Sulit Merapat

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez baru-baru ini menegaskan: "Saya tak akan kembali sebelum benar-benar 100 persen fit.".

Maknanya sang pembalap berarti memang belum pasti akan turun pada balapan pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, 28 Maret. Apalagi ia baru saja menjalani operasi ketiga pada tulang humerus kanan. 

Oleh karena itulah, kini muncul kabar, Repsol Honda sedang mencari pembalap pengganti Marc Marquez yang super kompetitif. Kandidat mengerucut kepada Andrea Dovizioso.

Sangat masuk akal lantaran Andrea Dovizioso memang menganggur untuk MotoGP 2021. Masalahnya manajer Dovizioso, Simone Battistella menegaskan kliennya tidak tertarik hanya sekadar menjadi pembalap pengganti Marc Marquez.

Battistella menyebut sang klien hanya ingin mentas di MotoGP 2021 sebagai pembalap yang turun satu musim penuh. Jika Repsol Honda ingin merealisasikan keinginan Andrea Dovizioso maka mereka harus menurunkan tiga motor.

Yang artinya, Repsol Honda bakal diperkuat Pol Espargaro, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso. Masalahnya untuk menurunkan tiga motor ini, Repsol Honda harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Dorna sebagai penyelenggara selain kewajiban mengeluarkan finansial lebih besar.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Bagaimana Respons Dorna?

Hanya saja ketika ditanya soal kemungkinan Repsol Honda menurunkan tiga motor di MotoGP 2021 dengan Andrea Dovizioso sebagai pembalap tambahan, Dorna dengan tegas tidak memberikan izin.

"Tidak mungkin memiliki lebih dari dua motor untuk tim yang sama di grid. HRC (perusahaan induk Honda di MotoGP) memiliki jatah dua kursi untuk Repsol Honda dan dua untuk tim Lucio Cecchinello (LCR Honda). Tidak akan ada pengecualian," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Jika melihat ke belakang, Repsol Honda pernah menurunkan tiga motor pada ajang MotoGP. Menariknya kala itu turut melibatkan Andrea Dovizoso. Tepatnya musim 2011.

Andrea Dovizioso bahu membahu bersama Dani Pedrosa dan Casey Stoner. Pada akhir musim, Casey Stoner akhirnya keluar sebagai juara dunia.

 

Sumber: Speedweek

Video Populer

Foto Populer