Sukses


Valentino Rossi: Yamaha Punya Pembalap Terbaik, Masalahnya Ada di Motor YZR-M1

Bola.com, Jakarta - Yamaha berstatus pabrikan dengan jumlah kemenangan terbanyak di MotoGP 2020. Tercatat pembalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP plus tim satelit Petronas Yamaha SRT mempersembahkan tujuh kemenangan.

Tapi nahasnya meski meraih banyak kemenangan, titel juara dunia justru milik pembalap Suzuki, Joan Mir yang hanya sekali finis pertama sepanjang MotoGP 2020.

Valentino Rossi pun membeberkan alasan hal di atas bisa terjadi. Menurutnya Yamaha sejatinya diperkuat pembalap hebat.

Hanya saja lantaran motor Yamaha YZR-M1 sering dibebat kendala teknis dan juga masalah karakteristik mesin, pembalap dari tim berlambang garpu tala urung tampil konsisten. Padahal konsistensi merupakan modal untuk menjadi juara dunia MotoGP.

"Kami mengalami masalah dengan kinerja dan keandalan (motor). Sedangkan untuk pembalap, menurut saya Yamaha memiliki pembalap yang hebat," kata Valentino Rossi yang memperkuat Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP 2021.

"Tenang saja, saya tidak ingin berbicara tentang diri saya sendiri, tetapi (Fabio) Quartararo, (Maverick) Vinales, dan (Franco) Morbidelli benar-benar kuat."

"Dengan motor yang kompetitif mereka ada dan berjuang untuk gelar juara dunia. Menurut saya, pembalap bukan masalah, komposisi rider Yamaha saat ini juga sangat kuat untuk musim depan (MotoGP 2021)," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Masalah Terbesar Motor Yamaha

Lantas apa masalah terbesar dari motor Yamaha YZR-M1 versi seorang juara dunia sembilan kali Valentino Rossi? Untuk kesekian kalinya ia menunjuk faktor mesin.

"Saya selalu mengatakan bahwa mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu yang paling lambat di lintasan lurus," Rossi menerangkan.

"Tapi pada saat yang sama kami juga memiliki masalah dengan keandalan dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin (jatah mesin setiap pembalap per musim di MotoGP)," tambahnya.

Yamaha sendiri melakukan rotasi komposisi pembalap untuk MotoGP 2021. Ada pertukaran posisi antara Valentino Rossi dan Fabio Quartararo.

Musim 2021, Rossi akan jadi rekan setim Franco Morbidelli di Petronas Yamaha SRT. Sementara Quartararo berstatus pembalap pabrikan bersama Maverick Vinales.

 

Sumber: Speedweek

 

Video Populer

Foto Populer