Rata-rata Usia Pembalap 24,1 Tahun di MotoGP 2021, Ducati Sedang Berinvestasi untuk Masa Depan

Oleh Hendry Wibowo pada 11 Jan 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 11 Jan 2021, 07:15 WIB
Jack Miller
Jack Miller menjadi yang tercepat pada FP2 MotoGP Austria (AFP)

Bola.com, Jakarta - Ducati kembali jadi pabrikan dengan jumlah motor terbanyak di MotoGP 2021. Tercatat seperti musim 2020, ada enam motor yang akan diturunkan di grid dengan empat di antaranya merupakan motor tim satelit.

Kedua tim satelit itu adalah Pramac yang menurunkan Johann Zarco plus Jorge Martin dan Esponsorama Avintia yang memiliki dua rookie, Luca Marini plus Enea Bastianini.

Yang menarik titel Rookie of The Year MotoGP 2021 sudah pasti jadi milik pembalap dari Ducati. Karena ketiga rookie: Jorge Martin, Luca Marini dan Enea Bastianini semua mengendarai motor Ducati.

Adapun kursi pabrikan Ducati sendiri diisi Jack Miller dan Pecco Bagnaia. Praktis tim yang identik dengan kelir merah ini sedang membuka era baru pada ajang MotoGP setelah tidak lagi diperkuat dua pembalap senior: Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Terbukti rata-rata usia enam pembalap Ducati di MotoGP 2021 hanya 24,1 tahun. Bandingkan dengan tahun 2020 bersama Dovizioso dan Petrucci, rata-rata usia rider Ducati ada di angka 29 tahun.

Bersama trio rookie Jorge Martin, Luca Marini dan Enea Bastianini plus Jack Miller dan Pecco Bagnaia, semua usia pembalap ini memang di bawah 26 tahun. Praktis sosok Johan Zarco jadi yang paling tertua: 30 tahun.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Investasi

Enea Bastianini
Pembalap Italtrans Racing Team, Italian rider Enea Bastianini merayakan gelar juara dunia Moto2 2020 setelah finis kelima di MotoGP Portugal, Minggu (22/11/2020). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, pernah menyebutkan dengan mengandalkan Jack Miller (25 tahun) dan Pecco Bagnaia (23 tahun) di tim pabrikan, mereka sedang berinvestasi untuk masa depan.

Apalagi ada nama-nama Jorge Martin (22 tahun), Luca Marini (23 tahun) dan Enea Bastianini (23 tahun) dari tim satelit yang bisa diorbitkan ke tim pabrikan pada masa depan.

"Ducati bisa dikritik karena banyak hal. Tapi tidak dapat disangkal bahwa kami sekarang telah berinvestasi di masa depan," kata Paolo Ciabatti mengutip dari situs Speedweek.

"Kami memberikan kesempatan kepada banyak pembalap muda generasi baru. Sekarang mari kita coba di Ducati," lanjutnya.

Patut ditunggu bagaimana skuad muda Ducati beraksi pada ajang MotoGP 2021.

 

Sumber: Speedweek

Lanjutkan Membaca ↓