Sukses


Mengenang Momen Terbaik Valentino Rossi Ketika Memulai Awal Musim, Pernah 3 Balapan Beruntun Selalu Menang

Bola.com, Jakarta - Valentino Rossi merupakan pembalap tersukses di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Tercatat ia telah menjadi juatra dunia sebanyak sembilan kali.

Rinciannya adalah sekali di kelas 125cc, 250cc, sampai 500cc. Lalu enam gelar lainnya terjadi saat kelas 500cc sudah bernama MotoGP.

Namun tahukah Anda dari sembilan gelar tersebut, ada satu musim di mana Valentino Rossi mengawali kompetisi dengan catatan terbaik. Yaitu ketika ia merasakan titel juara dunia kelas 500cc pada musim 2001.

Ini merupakan gelar perdana Valentino Rossi di kelas premier pada Kejuaraan Dunia Balap Motor. Lantas seperti apa prestasi pembalap asal Italia tersebut di kelas 500cc musim 2001?

Kala itu Rossi yang memperkuat tim satelit Nastro Azzurro Honda sukses memenangkan tiga balapan pertama tahun tersebut. Sebuah catatan yang sampai sekarang belum pernah ia rasakan lagi.

Pada seri perdana di Jepang, Valentino Rossi finis pertama setelah mengalahkan Max Biaggi yang berstatus rival utamanya saat itu. Kemudian seri kedua berlangsung di Afrika Selatan.

Kali ini, Rossi meraih pole position sekaligus menang balapan. Lalu prestasi serupa terjadi pada seri ketiga di Sirkuit Jerez. Usai tiga balapan ini, Rossi langsung memimpin klasemen dengan poin maksimal: 75.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Juara Dunia

Secara keseluruhan, Valentino Rossi sangat dominan di kelas 500cc musim 2001. Padahal ini baru tahun kedua sang pembalap mengikuti kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Total Valentino Rossi jadi juara dunia dengan memenangkan sebelas balapan dan hanya gagal naik podium sebanyak tiga kali.

Dia memgakhiri kompetisi dengan raihan 325 poin atau unggul 106 poin dari Max Biaggi yang harus puas finis kedua.

Yang spesial dari gelar tahun 2001 adalah Valentino Rossi sampai sekarang merupakan satu-satunya pembalap yang bisa juara dunia kelas tertinggi dengan memperkuat tim satelit.

 

Video Populer

Foto Populer