Sukses


Pol Espargaro Pernah Kena PHP Yamaha, Ternyata Sempat Dijanjikan Gantikan Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Pembalap baru Repsol Honda di MotoGP 2021, Pol Espargaro punya cerita menarik ketika dirinya memilih menerima pinangan pabrikan baru KTM dan meninggalkan kursi tim satelit Yamaha Tech 3 pada musim 2017.

Pol Espargaro pada musim debutnya bersama Yamaha Tech 3 di MotoGP 2014 sempat dijanjikan bos tim pabrikan Yamaha, Lin Jarvis untuk mengisi pos Valentino Rossi yang bakal pensiun.

Pada akhirnya adik dari Aleix Espargaro tersebut tidak hanya gagal naik kelas ke tim pabrikan Yamaha, tapi Lin Jarvis juga membantah bahwa pernah bilang dirinya diplot sebagai pengganti Valentino Rossi. Sementara Valentino Rossi sendiri sampai sekarang belum memutuskan untuk pensiun. 

"Saya datang dari tahun pertama saya bersama satelit Yamaha (Tech 3), pada tahun 2014, yang begitu bagus. Saya berada di posisi enam klasemen di belakang Andrea Dovizioso yang merupakan pembalap pabrikan Ducati," Pol Espargaro mengenang.

"Jarvis mengatakan kepada saya untuk bersabar, karena Valentino Rossi akan pensiun dan Yamaha membutuhkan seorang pemuda, dan pemuda itu adalah saya. Kemudian sayangnya dia membantah mengatakannya dan itu mengecewakan saya," lanjutnya.

Pol Espargaro bahkan menceritakan sejatinya pihak tim pabrikan Yamaha sudah menyiapkan kontrak buatnya untuk menggantikan Valentino Rossi.

"Itu adalah sebuah peluang, kontrak sudah ada di meja. Tapi saat itu, Lin Jarvis yang membantahnya menelepon saya," ungkap juara dunia Moto2 2013 itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Akhirnya Hengkang ke KTM dan Sukses

Situasi Pol Espargaro di tim satelit Yamaha Tech 3 semakin tidak menentu lantaran rekam jejak sang pembalap di MotoGP 2015 tidak terlalu bagus. Oleh karena itulah, musim 2016, ia bertekad jika ada tawaran dari tim lain, maka ia lebih memilih hengkang untuk musim 2017.

"Saya berjanji pada diri sendiri bahwa jika saya mendapat tawaran dari tim pabrikan lain (selain Yamaha) yang memulai debutnya (di MotoGP), saya tidak akan ragu sedetik pun untuk menerimanya," Pol Espargaro menuturkan.

"Target saya adalah bersaing di baris depan dan KTM yang kala itu melakoni debut MotoGP adalah satu-satunya yang menawarkan saya motor pabrikan. Empat tahun kemudian, saya dapat mengatakan bahwa saya tidak salah," lanjutnya.

Seperti diketahui, perjuangan Pol Espargaro bersama KTM berbuah manis. Dia merupakan pembalap pertama yang mempersembahkan podium ajang MotoGP untuk KTM di musim 2018.

Kemudian sepanjang MotoGP 2020, pembalap asal Spanyol itu naik podium sebanyak lima kali bersama KTM. Sayang pada MotoGP 2021, Pol Espargaro harus memulai perjuangan dari nol lantaran hengkang ke Repsol Honda.

Video Populer

Foto Populer