Sukses


Maret 2021, Jadi Penentuan Apakah Valentino Rossi Turunkan Tim di MotoGP 2022

Bola.com, Jakarta - Dorna Sports meminta Valentino Rossi memastikan partisipasi Team VR46 atau Sky Racing VR46 di MotoGP 2022 pada akhir Maret mendatang.

Demikian yang dilansir Speedweek pada Sabtu (30/1/2021), mengingat tim itu melebur dengan Esponsorama Racing dan menurunkan Luca Marini, yang juga adik Valentino Rossi sendiri pada MotoGP 2021. 

Seperti diketahui, musim ini VR46 vakum dari Moto3 demi fokus menurunkan Marini di MotoGP 2021 usai ia jadi runner up di Moto2 2020. Tadinya, VR46 hendak mengambil alih kedua slot Esponsorama, namun tim yang bermarkas di Andorra itu menolak dan memilih menaati kontraknya dengan Dorna yang akan habis pada akhir tahun nanti.

Esponsorama pun akan menurunkan juara dunia Moto2 2020, Enea Bastianini. Raul Romero sebagai pemilik tim menegaskan, jika ingin menurunkan Marini di timnya, maka VR46 harus bawa sponsor sendiri.

Selain itu, Romero menyatakan timnya akan mundur dari MotoGP pada 2022, dan saat itulah VR46 boleh mengambil slotnya. Alhasil, Marini dan Bastianini akan bertandem di Esponsorama tahun ini, mengendarai Ducati Desmosedici GP19.

Namun, kedua rider muda ini akan mengenakan seragam dan corak berbeda. Bastianini akan pakai corak Esponsorama, sementara Marini akan pakai corak Sky Racing VR46.

Bukan rahasia lagi bahwa VR46 memang bertekad turun sebagai tim seutuhnya di MotoGP 2022. Namun, Rossi belum mengajukan proposal secara resmi kepada Dorna.

Selama ini, ia hanya bicara soal pabrikan mana yang akan diajak kerja sama. Jika memang 100 persen berminat, maka VR46 harus tanda tangan kontrak lima tahun dengan Dorna.

Sejauh ini tim independen MotoGP yang telah tanda tangan kontrak dengan Dorna untuk 2022-2026 baru Gresini Racing dan LCR Team, dan pabrikan yang sudah hanya KTM dan Ducati Corse.

Yang lainnya diperkirakan akan tanda tangan sebelum musim 2021 dimulai di Qatar pada 26-28 Maret nanti. Alhasil, VR46 juga punya tenggat waktu yang sama untuk memberikan kepastian.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Asal Jangan Honda

Jika melihat dari gelagatnya, Valentino Rossi memang sudah siap menurunkan VR46 dengan dua rider sekaligus di MotoGP 2022. Pasalnya, Marco Bezzecchi yang tadinya nyaris bergabung dengan Aprilia Racing musim ini, diminta menunda rencana naik ke MotoGP dengan kans membela VR46 tahun depan.

Rossi, sang ikon Yamaha, juga telah mengizinkan VR46 kerja sama dengan pabrikan mana saja, kecuali Honda. "Kisah saya beda dengan kisah tim saya. Hal-hal macam ini tak bisa kami putuskan begitu saja. Jika Yamaha sudah punya empat rider, dan dua di antaranya rider Petronas, maka Yamaha tak bisa jadi opsi," ujarnya via Sky Sport.

"Saya rasa kami masih harus lihat apa yang akan terjadi. Apakah kami bakal bekerja sama dengan Ducati? Mengapa tidak? Toh Luca akan balapan dengan mereka. Honda? Yah, hubungan kami akhir-akhir ini tidak terlalu baik," tutup Rossi, yang diketahui punya rivalitas pahit dengan Marc Marquez yang kini jadi pentolan Honda.

 

Sumber: Speedweek, Sky Sport

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 31/01/2021)

Video Populer

Foto Populer