Sukses


Pembalap Asia di MotoGP, Moto2, dan Moto3 Musim 2021: Sedikit Banget, Beruntung Indonesia Punya Wakil

Bola.com, Jakarta - Benua Asia diakui merupakan pasar potensial untuk Kejuaraan Dunia Balap Motor yang mempertandingkan tiga kelas utama: Moto3, Moto2, dan MotoGP. Buktinya cukup melihat fakta tim pabrikan yang mengikuti ajang MotoGP mayoritas berasal dari Jepang. 

Sebut saja Honda, Suzuki, sampai Yamaha. Dan jika Anda melihat pengikuti media sosial pembalap top MotoGP, maka bisa dipastikan jumlah terbanyak pasti menjadi milik warganet asal Indonesia. 

Namun sayangnya fakta di atas berbanding terbalik dengan prestasi pembalap Asia di Kejuaraan Dunia Balap Motor. MotoGP sebagai barometer utama bahkan hanya diikuti satu pembalap Asia yaitu Takaaki Nakagami. 

Hal di atas tentu sungguh ironis. Hal sama berlaku di kelas Moto2. Jumlah pembalap Asia yang turun pada kelas Moto2 2021 jauh berkurang. 

Dari lima nama musim lalu menjadi hanya tiga pembalap musim ini. Nahasnya ada dua tim asal Asia Tenggara: Pertamina Mandalika SAG Team dari Indonesia dan Petronas Sprinta Racing dari Malaysia mengikuti kelas Moto2 2021.

Tapi dua tim ini sama-sama menurunkan pembalap dari benua Eropa. Dari sedikitnya jumlah pembalap Asia di Kejuaraan Dunia Balap Motor musim 2021, Indonesia masih bisa berbangga. 

Karena Indonesia punya satu wakil di kelas Moto3, Andi Farid Izdihar atau yang akrab disapa Andi Gilang. Ini merupakan tahun kedua sang pembalap di Kejuaraan Dunia Balap Motor. 

Hanya saja tahun 2021, ia turun ke kelas Moto3 setelah mengikuti Moto2 pada musim 2020. Tentu diharapkan Andi Gilang bisa membawa harum nama Indonesia. 

Yuk scroll ke bawah untuk melihat lagi nama-nama pembalap Asia yang turun di ajang Moto3, Moto2, dan MotoGP 2021. 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Daftar Pembalap Asia

MotoGP (1 pembalap)

  1. Takaaki Nakagami (Jepang) - LCR Honda

 

Moto2 (3 pembalap)

  1. Ai Ogura (Jepang) - Idemitsu Honda Team Asia
  2. Somkiat Chantra (Thailand) - Idemitsu Honda Team Asia
  3. Hafizh Syahrin (Malaysia) - NTS RW Racing GP

 

Moto3 (6 pembalap)

  1. Andi Gilang (Indonesia) - Honda Team Asia
  2. Yuki Kunii (Jepang) - Honda Team Asia
  3. Tatsuki Suzuki (Jepang) - SIC58 Squadra Corse
  4. Ryusei Yamanaka (Jepang) - CarXpert Prüstel GP
  5. Kaito Toba (Jepang) - CIP Green Power
  6. Ayumu Sasaki (Jepang) - Red Bull KTM Tech3

 

Video Populer

Foto Populer