Sukses


2 Seri Pembuka MotoGP 2021 di Qatar Terancam Batal, Dorna Siapkan Plan B Lagi

Bola.com, Jakarta - Dorna sebagai penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor telah meresmikan jadwal balap MotoGP 2021. Hasilnya ada beberapa perubahan dari jadwal sementara yang telah dirilis sejak akhir tahun 2020.

Seperti harus dicoretnya balapan MotoGP Argentina dan Amerika Serikat yang awalnya berstatus seri kedua dan ketiga lantaran pandemi virus corona.

Sebagai gantinya dua seri pertama MotoGP 2021 bakal berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar: 28 Maret dan 4 April. Lalu disusul Sirkuit Portimao, Portugal, 18 April. Sebelumnya Losail juga menjadi tempat tes pramusim pada awal Maret. 

Hanya saja mengutip situs Corsedimoto yang mengambil sumber dari The-Race.com, dua seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar juga terancam batal.

Pasalnya Qatar sedang merasakan gelombang kedua penyebaran virus corona. Tadinya negara ini bisa menekan angka positif menjadi hanya rata-rata 200 per hati.

Tapi kini angka positif harian kembali meninggi ke 1.800 per hari dengan catatan Qatar hanya negara berpenduduk 2,6 juta jiwa! Ini jelas angka memprihatinkan.

Tentu saja otoritas setempat bakal berpikir ulang untuk memberikan pintu masuk ke Qatar untuk rombongan MotoGP yang berkisar 1500. Tampaknya terlalu riskan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Siapkan Plan B Lagi

Kesimpulannya, kini CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta terus berkomunikasi dengan otoritas di Qatar sembari menyiapkan Plan B atau rencana cadangan.

Plan B tersebut adalah menggelar sesi tes pramusim di Eropa dan kembali mengandalkan Sirkuit Jerez, Spanyol. Lalu Portimao bakal berstatus seri perdana di 18 April.

MotoGP Qatar sendiri kemungkinan digeser ke akhir tahun 2021 atau ketika menunggu angka virus corona menurun setelah proses vaksinasi di negara tersebut.

Salah satu pembalap MotoGP 2021, Alex Rins mengakui sampai sekarang belum tahu apakah akan berangkat ke Qatar untuk tes pramusim awal Maret sekaligus seri perdana.

"Jika kami tidak pergi ke Qatar, yang kedua adalah Portimao. Kami tidak tahu pasti akan mulai dari mana, tapi sepertinya di Jerez," Alex Rins menuturkan dalam sebuah kesempatan.

 

Sumber: Corsedimoto

 

Video Populer

Foto Populer