Sukses


Catat Jadwal Rangkaian Pembuka MotoGP 2021 di Qatar : Dari Shakedown, Tes Pramusim Sampai 2 Seri Pertama

Bola.com, Jakarta - Satu per satu tim MotoGP 2021 telah memperkenalkan livery motor dan pembalap. Kini semua sedang menanti medan tempur sebenarnya: kembali ke trek menggunakan motor MotoGP.

Ya, akibat COVID-19, rangkaian pembuka tes pramusim MotoGP 2021 yang awalnya diplot berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia telah dibatalkan.

Sebagai gantinya semua aktivitas akan ditumpuk di satu trek yaitu Sirkuit Losail, Qatar. Pada trek inilah, rangkaian pembuka MotoGP 2021 dimulai pada tanggal 5 Maret nanti.

Tanggal 5 Maret bakal digelar tes shakedown atau persiapan. Yang kemudian berlanjut di tanggal 6-7 Maret plus 10-12 Maret untuk sesi tes pramusim pertama sekaligus kedua atau terakhir.

Artinya para pembalap punya waktu sangat minim untuk mengenali motornya untuk MotoGP 2021. Satu kabar baik, ada regulasi engine freeze atau pembekuan mesin. Artinya mesin semua motor musim ini yang digunakan tahun lalu, sehingga sudah dikenal dengan sangat baik oleh pembalap.

Pada akhirnya Sirkuit Losail, Qatar akan menggelar seri 1 dan seri 2 MotoGP 2021 pada tanggal 28 Maret dan 4 April.

Fakta jumlah tes resmi sangat sedikit dan hanya berlangsung di satu trek dinilai Fabio Quartararo sangat merugikan. Semua tim dan pembalap bakal kesulitan ketika harus pindah ke sirkuit lain lantaran tidak punya banyak data mengenai setelan motor.

"Untuk dua balapan pertama (MotoGP 2021) akan baik-baik saja setelah beberapa hari tes di sana," kata pembalap Monster Energy Ymamaha itu.

"Masalahnya adalah ketika kami tiba di Portimao (seri ketiga) yang merupakan trek yang sama sekali berbeda dan cukup sulit tahun lalu dengan motor Yamaha YZR-M1," lanjutnya.

Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui jadwal rangkaian pembuka MotoGP 2021 yang semua berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Jadwal Rangkaian Pembuka MotoGP 2021 di Qatar

5 Maret 2021 - Tes shakedown (hanya boleh diikuti pembalap rookie, pembalap penguji, dan pabrikan konsesi: Aprilia)

6-7 Maret 2021 - Tes pramusim 1 (semua pembalap boleh ikut)

10-12 Maret 2021 - Tes pramusim 2 (semua pembalap boleh ikut)

28 Maret 2021 - Seri 1 MotoGP 2021 (MotoGP Qatar)

4 April 2021 - Seri 2 MotoGP 2021 (MotoGP Doha)

 

Ket: semua rangkaian tes di atas berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar.

Video Populer

Foto Populer