Sukses


362,4 Km/jam Rekor Top Speed MotoGP Baru Milik Johann Zarco, Valentino Rossi Sebut Ducati Masih Bisa Lebih Cepat di Mugello

Bola.com, Jakarta - Rekor prestisius langsung pecah pada seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar. Adalah rekor top speed atau kecepatan tertinggi motor MotoGP.

Rekor di atas berhasil dipecahkan oleh Johann Zarco ketika mengikuti sesi latihan bebas 4 (FP4) MotoGP Qatar, Sabtu (27/03/2021) malam WIB.

Johann Zarco melaju dengan motor Ducati Desmosedici pada kecepatan 362,4 km/jam. Adapun rekor top speed motor MotoGP sebelumnya dipegang oleh Andrea Dovizioso. Dia juga mengendarai motor Ducati Desmosedici ketika tembus 355,6 km/jam pada FP4 MotoGP Italia 2019.

Ditanya soal rekor top speed milik Johann Zarco, Valentino Rossi punya analisis menarik. Menurutnya para pembalap Ducati bisa mempertajam rekor ini saat mengikuti seri keenam MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 30 Mei.

Di atas kertas, Sirkuit Mugello memang punya lebih banyak sektor lurus panjang ketimbang Sirkuit Losail. Alhasil kans semakin tingginya Top Speed cukup besar.

“Kombinasi Zarco dan Ducati mampu memecahkan rekor top speed MotoGP, tahun ini. Aerodinamika Ducati impresif dan Zarco mampu memposisikan tubuhnya sangat baik di balik fairing," kata Valentino Rossi mengutip situs Motorsport.

"Jika mampu mencatat top speed baru di Qatar, Ducati bisa saja memecahkan rekor lagi di Mugello," lanjut pembalap Petronas Yamaha SRT itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Bahaya?

Valentino Rossi turut ditanya mengenai apakah sangat berbahaya Johann Zarco melibas motor MotoGP pada kecepatan setinggi 362,4 km/jam di trek lurus start-finis Sirkuit Losail.

"Apakah top speed setinggi itu berbahaya? Bagi saya, 330 km/jam saja sudah sangat berbahaya," Valentino Rossi menuturkan.

"Top speed 330 km/jam sampai 360 km/jam sungguh fantastis. Penggemar juga pasti menyukainya. Namun, tentu saja kecepatan setinggi itu juga berbahaya," tambah juara dunia sembilan kali itu.

Adapun seri kedua MotoGP 2021 akan kembali berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, 4 April.

 

Sumber: Motorsport

 

Video Populer

Foto Populer