Sukses


Hasil MotoGP Qatar: Maverick Vinales Menang, Joan Mir Gagal Podium Jelang Finis

Bola.com, Jakarta - Duel antara pembalap Yamaha versus Ducati benar-benar terjadi pada seri perdana MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (29/03/2021) dini hari WIB.

Pada awal balapan, Ducati sempat tampak sangat dominan. Namun pembalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales berhasil meruntuhkan satu per satu pembalap Ducati.

Maverick Vinales pun sukses mengakhiri balapan MotoGP Qatar 2021 sebagai pemenang. Dia mengalahkan pembalap tim satelit Pramac Ducati, Johann Zarco lewat gap 1,092 detik. Ini merupakan indikasi Maverick Vinales sudah siap bersaing untuk menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Momen menarik terjadi pada lap terakhir. Sang juara dunia bertahan, Joan Mir yang memulai balapan dari baris tengah, sempat berada di posisi kedua usai tikungan terakhir.

Hanya saja ketika menghadapi sektor lurus menuju finis, Joan Mir justru disalip dua pembalap pengendara Ducati Desmosedici, Zarco dan Pecco Bagnaia.

Joan Mir akhirnya finis keempat. Zarco dan Pecco Bagnaia menempati podium kedua dan ketiga. Hasil buruk didapat dua pembalap Petronas Yamaha SRT.

Valentino Rossi hanya finis 12. Sementara rekan setimnya, Franco Morbidelli tidak bisa berbuat banyak lantaran terpuruk di posisi 18.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Pembalap Ducati memulai balapan MotoGP Qatar dengan sangat baik. Empat pembalap pengendara Ducati Desmosedici sekaligus menempati posisi 1-4: Pecco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Sementara tiga pembalap Yamaha: Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi harus turun ke urutan 5-7. Kemudian Johann Zarco menyalip Jack Miller untuk menempati posisi kedua di lap 2.

Pecco Bagnaia sendiri mulai berusaha membuat gap lebar sebagai pimpinan balapan. Lap ketiga, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales mulai mengganggu dominasi Ducati.

Keduanya mengasapi Jorge Martin untuk berada di urutan keempat dan kelima pada lap ketiga. Pada titik ini, baik Quartararo dan Vinales sangat konsisten membukukan 1 menit 54 detik.

Puncaknya Vinales bahkan mencatat best race lap MotoGP Qatar berkat catatan waktu 1 menit 54,246 detik. Lap tujuh, Quartararo mulai saling salip dengan Jack Miller untuk memperebutkan posisi ketiga.

Perlahan, Quartararo mulai menjauh dari Miller dan pembalap asal Australia itu juga disalip Vinales di lap sembilan. Usai momen ini, Quartararo dan Vinales mulai saling sikut untuk memperebutkan posisi tiga.

Lap sebelas, Vinales untuk kali pertama di depan Quartararo. Kini ia membidik Zarco yang berada di urutan kedua. Sisi lain, Quartararo turun ke posisi lima setelah diasapi Miller.

Vinales terus memperbaiki posisinya. Lap 12, pembalap asal Spanyol ini memaksa Zarco turun ke posisi ketiga. Tidak lama, predikat pimpinan balapan milik Bagnaia mulai terancam.

Lap 15, Vinales mengambil alih posisi pertama dari Bagnaia dan unggul cukup jauh dalam hitungan hanya beberapa lap. Lap 17, giliran Zarco yang memaksa Bagnaia turun posisi.

Pada akhir balapan, dua pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins yang terlihat biasa saja pada awal balapan mulai tebar ancaman. Keduanya berada di posisi keempat dan kelima. Sang juara dunia, Joan Mir bahkan terus memberikan ancaman untuk Bagnaia demi podium terakhir. 

Lap 20, Bagnaia sudah tidak berdaya menahan gempuran Mir yang kemudian menyerahkan posisi ketiga. Pada lap terakhir, Mir sempat naik ke posisi kedua. Tapi jelang finis, dua pembalap Ducati memperlihatkan keunggulan saat melahap sektor lurus. 

Joan Mir pun haus puas finis keempat. Maverick Vinales menang dan disusul Zarco plus Bagnaia di posisi kedua dan ketiga. 

 

3 dari 3 halaman

Hasil Balapan MotoGP Qatar

  1. Maverick Vinales (Yamaha) 42 menit 28,663 detik 
  2. Johann Zarco (Pramac Ducati) +1,092 detik 
  3. Pecco Bagnaia (Ducati) +1,129 detik 
  4. Joan Mir (Suzuki) +1,222 detik 
  5. Fabio Quartararo (Yamaha) +3,030 detik 
  6. Alex Rins (Suzuki) +3,357 detik 
  7. Aleix Espargaro (Aprilia) +5,934 detik 
  8. Pol Espargaro (Repsol Honda) +5,990 detik 
  9. Jack Miller (Ducati) +7,058 detik 
  10. Enea Bastianini (Avintia Ducati) +9,288 detik 
  11. Stefan Bradl (Repsol Honda) +10,299 detik 
  12. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +10,742 detik 
  13. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +11,457 detik 
  14. Brad Binder (Red Bull KTM) +14,100 detik 
  15. Jorge Martin (Pramac Ducati) +16,422 detik 
  16. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati) +20,916 detik 
  17. Iker Lecuona (KTM Tech3) +21,026 detik 
  18. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +23,892 detik 
  19. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) +46,346 detik 

Out

  • Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  • Danilo Petrucci (KTM Tech3)
  • Alex Marquez (LCR Honda)

Video Populer

Foto Populer