Sukses


Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP pada 2022, WorldSBK Tetap Digelar 2021

Bola.com, Jakarta - Perwakilan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports telah melakukan inspeksi pra-homologasi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Rabu (7/4/2021). Setelah inspeksi tersebut, kini diputuskan Indonesia baru akan menggelar MotoGP pada 2022, sementara World Superbike (WorldSBK) tetap akan digelar pada 2021.

Kunjungan Grand Prix Safety Officer FIM, Franco Uncini, perwakilan Race Direction Dorna, Loris Capirossi, dan Managing Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, adalah untuk melihat kemajuan proses pembangunan sirkuit yang terus berlangsung di Pulau Lombok itu.

Selama proses inspeksi, perwakilan FIM dan Dorna Sports disambut baik oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, dan CEO Mandalika Grand Prix Association, Ricky Baheramsjah. Rombongan tersebut mengaku terkesan dengan perkembangan proyek tersebut.

Bicara soal pergelaran balapannya, dari inspeksi ini disebut bahwa Mandalika akan tetap menjadi tuan rumah kejuaraan WorldSBK pada 14 November 2021 dengan nama FIM Motul Superbike. Namun, karena masih berlangsungnya pandemi COVID-19, disepakati untuk MotoGP di sirkuit ini baru akan digelar pada awal musim depan, yaitu pada Maret 2022.

"Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Video

2 dari 2 halaman

Segera Merampungkan Pembangunan

Kunjungan dari FIM dan Dorna telah memberikan kepastian bahwa gelaran WorldSBK dan MotoGP akan benar-benar hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Hal tersebut bisa memberikan motivasi kepada pengembang Sirkuit Mandalika untuk memastikan pembangunan segera rampung.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan FIM dan Dorna ke Mandalika dan sangat senang bahwa inspeksi teknis telah berjalan dengan baik sesuai yang mereka harapkan. Dengan adanya kepastian waktu penyelenggaraan, kami memastikan untuk tetap fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika International Circuit serta memaksimalkan potensi yang akan diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini," ujar Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer.

Sementara itu, Dorna memastikan bahwa Mandalika akan menjadi satu seri penting dalam kalendar MotoGP pada musim depan, terutama karena Indonesia memiliki begitu banyak penggemar MotoGP dan menjadi pasar dari olahraga balap motor terbesar di dunia itu.

"Kunjungan ke Lombok pada minggu ini sangat sukses dan kami memastikan Mandalika International Street Circuit akan menjadi satu tempat penyelenggaraan terpenting dalam kalendar MotoGP mendatang. Kami juga meyakini fans olahraga ini di Indonesia akna datang berbondong-bondong dan balapan di Mandalika akan menjadi balapan paling ikonik sepanjang musim depan. Indonesia adalah pasar penting bagi Dorna dan seluruh stakeholder kejuaraan MotoGP," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Meski batal menggelar seri MotoGP pada 2021, ada kemungkinan Sirkuit Mandalika digunakan pada akhir tahun nanti. Jika MotoGP bisa menggelar seri di Asia Tenggara jelang akhir 2021, tim dari MotoGP akan mengupayakan adanya tes pramusim di Mandalika pada periode tersebut, sebagai persiapan keikutsertaan sirkuit tersebut pada kalendar 2022.

Video Populer

Foto Populer