Sukses


Harus Selesai Pertengahan Tahun, Pengerjaan Lintasan Sirkuit Mandalika Dikebut

Bola.com, Jakarta - Kunjungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports dalam rangka inspeksi pra-homologasi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Rabu (7/4/2021) membuat PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) harus mengebut pembangunan sirkuit tersebut sebelum pertengahan tahun.

Selama proses inspeksi, perwakilan FIM dan Dorna Sports disambut baik oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, dan CEO Mandalika Grand Prix Association, Ricky Baheramsjah. Rombongan tersebut mengaku terkesan dengan perkembangan proyek Sirkuit Mandalika.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan FIM dan Dorna ke Mandalika dan sangat senang bahwa inspeksi teknis telah berjalan dengan baik sesuai yang mereka harapkan. Dengan adanya kepastian waktu penyelenggaraan, kami memastikan untuk tetap fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika International Circuit serta memaksimalkan potensi yang akan diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini," ujar Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer.

Namun yang jelas, mereka tidak bisa bersantai lagi. Sebab pada pertengahan tahun nanti, hasil homologasi akan keluar, dan FIM serta Dorna Sports bakal kembali lagi untuk memantau sejauh mana perkembangan Sirkuit Mandalika.

"Masih ada perbincangan lagi. Kita kejar jadi dulu kemudian mereka datang lagi bulan Juli. Semuanya masih tergantung hasil homologasi," kata Abdulbar, dilansir dari laman Antara.

Saat ini, proses pembangunan Sirkuit Mandalika fokus pada pengerjaan aspal pada lintasan, drainase, dan struktur pembantu lainnya seperti gravel bed dan pembatas beton. Selebihnya tinggal pemasangan fasilitas seperti tribune dan paddock.

"Tentunya masih banyak yang harus dilakukan seperti infrastruktur permanen pada Juni atau Juli, tetapi di saat yang sama banyak infrastruktur sementara yang harus kami bangun di Sirkuit Mandalika,” kata Ricky Baheramsjah selaku CEO MGPA.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

MotoGP Indonesia Digelar Maret

Meski batal menggelar seri MotoGP pada 2021, ada kemungkinan Sirkuit Mandalika digunakan pada akhir tahun nanti. Jika MotoGP bisa menggelar seri di Asia Tenggara jelang akhir 2021, tim dari MotoGP akan mengupayakan adanya tes pramusim di Mandalika pada periode tersebut, sebagai persiapan keikutsertaan sirkuit tersebut pada kalendar 2022.

Bicara soal pergelaran balapannya, dari inspeksi ini disebut bahwa Mandalika akan tetap menjadi tuan rumah kejuaraan WorldSBK pada 14 November 2021 dengan nama FIM Motul Superbike.

"Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Sumber: Antara

Video Populer

Foto Populer