Maverick Vinales Pembalap Paling Sibuk di Tes MotoGP Jerez, Lahap 101 Lap dan Asah Skill Pengereman

Oleh Hendry Wibowo pada 04 Mei 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 13:45 WIB
Maverick Vinales
Maverick Vinales di MotoGP Portugal (AFP)

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales jadi pembalap paling sibuk pada sesi tes resmi MotoGP 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol, hari Senin (03/05/2021).

Maverick Vinales membukukan lap terbaik 1 menit 36,879 detik yang membuatnya menempati posisi pertama. Tidak hanya itu, ia juga melahap 101 lap atau terbanyak dibandingkan pembalap lainnya.

Berbicara usai tes MotoGP Jerez, Maverick Vinales menyebut fakta dirinya sampai melahap 101 lap bukan tanpa alasan. Dia memanfaatkan sesi tes untuk mengasah skill-nya dalam pengereman.

Pasalnya ketika dirinya membandingkan data miliknya dengan milik rekan setimnya, Fabio Quartararo pada balapan MotoGP Jerez hari Minggu lalu, dirinya melihat punya kelemahan pada sektor pengereman.

"Kami melihat setiap data (pembalap) Yamaha dan mencoba untuk mengambil yang terbaik dari setiap pembalap. Jadi pada dasarnya dengan Fabio saya hanya kalah dalam pengereman. Hampir mirip dengan tahun 2019," Vinales menuturkan.

"Saya benar-benar bagus di bagian lain trek (Jerez) tetapi hanya pada pengereman saya kehilangan segalanya. Jadi kami banyak berkonsentrasi hari ini," lanjut pembalap asal Spanyol itu.

2 dari 3 halaman

Hasilnya Positif

Fabio Quartararo dan Maverick Vinales
Dua pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. (Monster Energy Yamaha MotoGP)

Maverick Vinales pun mengutarakan usahanya memaksimal betul sesi tes MotoGP Jerez membuahkan hasil positif. Kini ia menatap seri berikutnya di Sirkuit Le Mans, Prancis dengan rasa percaya diri tinggi.

"Saya hanya perlu bekerja keras di atas motor, mencoba memahami bagaimana cara mengerem terlambat (late braking). Pada akhirnya saya menemukan keseimbangan yang lebih baik pada motor," Vinales menuturkan.

"Entah bagaimana saya jauh lebih presisi di sektor 1 dan sektor 3, yang perlu saya tingkatkan. Pada dasarnya, kami mendapatkan banyak kepercayaan pada ban depan. Kami meningkat cukup banyak."

"Sejujurnya, ini hari terbaik saya mengendarai motor dan saya akan tiba di Le Mans dengan perasaan yang sangat menyenangkan," lanjutnya.

Maverick Vinales mengawali MotoGP 2021 dengan catatan baik. Dia finis pertama balapan MotoGP Qatar. Namun setelah itu performanya cenderung menurun.

Sumber: Crash.net

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓