4 Pembalap dengan Status The Next Valentino Rossi di MotoGP, Mereka Sukses atau Tidak?

Oleh Hendry Wibowo pada 05 Mei 2021, 04:15 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 04:15 WIB
MotoGP - 4 Pembalap disebut The Next Valentino Rossi
MotoGP - 4 Pembalap disebut The Next Valentino Rossi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Salah satu pembalap paling sukses di ajang MotoGP. Namanya Valentino Rossi. Dia sudah merasakan sembilan titel juara dunia.

Rinciannya tujuh titel di kelas MotoGP (satu gelar saat masih bernama 500cc). Lalu dua gelar didapat saat Valentino Rossi mentas di kelas 125cc dan 250cc.

Namun tentu seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, Valentino Rossi kini 42 tahun, sudah kesulitan bersaing pada level tertinggi. Cukup melihat rekam jejaknya di MotoGP 2021.

Pada empat race terakhir, Valentino Rossi hanya mengemas empat poin. Plus pada tiga seri terakhir, pembalap asal Italia itu selalu gagal mendapatkan poin.

Oleh karena itulah, tidak heran, sudah sejak lama bermunculan sosok pembalap yang digadang sebagai The Next Valentino Rossi. Mendapat sebutan tersebut tentu tidak sembarangan diberikan.

Sosok-sosok pembalap ini dinilai memang punya kemampuan mumpuni untuk menyamai prestasi The Doctor. Siapa saja mereka? Bola.com mencatat empat nama pembalap yang mendapat sebutan The Next Valentino Rossi.

2 dari 6 halaman

1. Marco Simoncelli

Mendiang Marco Simoncelli dan Valentino Rossi
Mendiang Marco Simoncelli dan Valentino Rossi bersahabat (Foto: MotorLands.eu)

Gaya balapnya yang agresif dan seakan tidak takut jatuh mengingatkan kepada aksi Valentino Rossi pada awal karier di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Kebetulan Valentino Rossi dan Marco Simoncelli dikenal berhububan baik. Simoncelli, juara dunia kelas 250cc tahun 2008 sempat memperlihatkan punya karier cemerlang di kelas MotoGP.

Sayang rekam jejaknya tidak panjang. Marco Simoncelli meninggal dunia pada balapan MotoGP 2011 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Ironisnya ia terjatuh kemudian terlindas Colin Edwards dan Valentino Rossi sendiri yang memang tidak bisa menghindar.

3 dari 6 halaman

2. Marc Marquez

FOTO: Melihat Kembali Persaingan Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP
Valentino Rossi dan Marc Marquez terkenal karena persaingan keduanya dalam merebut juara MotoGP beberapa tahun silam. (Foto: AFP/Jaime Reina)

Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2013, nama Marc Marquez langsung dianggap sebagai suksesor Valentino Rossi di ajang MotoGP. Bukan hanya soal prestasi, tapi juga sosoknya yang dianggap layak menggantikan Valentino Rossi dari aspek popularitas.

Sejauh ini anggapan tersebut benar adanya. Marc Marquez sudah merasakan enam titel juara dunia MotoGP. Kini ia juga salah satu pembalap MotoGP paling populer di dunia.

Sangat disayangkan meski sempat berhubungan baik dengan Valentino Rossi, kini keduanya bermusuhan. Pemicunya insiden yang terjadi pada MotoGP Malaysia 2015.

4 dari 6 halaman

3. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo dan Valentino Rossi
Fabio Quartararo dan Valentino Rossi saat naik podium MotoGP Andalusia. (AP Photo/David Clares)

Fabio Quartararo jadi pembalap terbaru yang mendapat anggapan sebagai The Next Valentino Rossi. Alasannya ia merupakan pembalap yang mengisi tempat Rossi saat ini di tim pabrikan Yamaha.

Namun pada sebuah kesempatan, Fabio Quartararo enggan disebut sebagai The Next Valentino Rossi. "Saya juga tidak mau disebut sebagai suksesor Rossi, saya merasa bahwa tidak ada satupun pembalap yang bisa menggantikannya. Rossi adalah seorang legenda di MotoGP," tuturnya.

Fabio Quartararo sendiri telah membuktikan sebagai kandidat kuat untuk jadi juara dunia MotoGP 2021. Dia telah membuktikannya lewat dua kemenangan di MotoGP Doha dan Portugal. Dia juga seharusnya menang balapan MotoGP Jerez jika tidak bermasalah dengan arm pump.

5 dari 6 halaman

4. Franco Morbidelli

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, memamerkan motor baru untuk balapan MotoGP 2021, Senin (1/3/2021). (Twitter/Petronas SRT)

Disebut The Next Valentino Rossi lantaran pembalap pertama hasil binaan akademi VR46 yang bisa terjun ke ajang MotoGP. Diketahui, Morbidelli juga murid pembalap Rossi di akademi.

Rekam jejak Morbidelli terbilang istimewa. Dia merupakan juara dunia Moto2 2017 dan disusul runner-up MotoGP 2020.

Musim ini, ia digadang bisa ikut bersaing jadi juara dunia. Hanya saja Franco Morbidelli mendapat spesifikasi motor Yamaha YZR-M1 dengan basis tahun 2019. Tentu perjuangannya bakal sangat berat.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Marc Marquez Juara di MotoGP Jerman 2021