Bukan Titisan Marc Marquez Apalagi Valentino Rossi, Pedro Acosta Justru Disebut Mirip Jack Miller

Oleh Hendry Wibowo pada 06 Mei 2021, 03:45 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 03:45 WIB
Pedro Acosta
Pedro Aciosta saat menjadi juara balapan Moto3 Portugal beberapa waktu lalu. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Bola.com, Jakarta - Setiap ada bakat baru di Kejuaraan Dunia Balap Motor, pasti disebut calon penerus Valentino Ross atau kini Marc Marquez.

Hal sama berlaku saat sosok Pedro Acosta tampil cemerlang di kelas Moto3 2021. Terbaru berkat posisi terdepan pada balapan Moto3 Jerez, Pedro Acosta mencatat kemenangan ketiga musim ini atau podium keempat pada empat seri awal.

Pembalap kelahiran Mazarron, Spanyol itu pun menorehkan sejarah yang bahkan seorang Marc Marquez atau Valentino Rossi tidak bisa melakukannya.

Tercatat Pedro Acosta menjadi rider pertama dalam sejarah Kejuaraan Dunia Balap Motor yang mampu naik podium di empat seri pertama sebagai seorang debutan.

Jadi apakah benar Pedro Acosta merupakan pembalap titisan Valentino Rossi atau Marc Marquez? Bos tim Ajo Motorsport, Aki Ajo pun disuruh membandingkan gaya balap Pedro Acosta dengan semua pembalap yang pernah memperkuat timnya.

Kebetulan Marc Marquez meraih titel juara dunia kelas 125cc tahun 2010 saat memperkuat tim Ajo Motorsport. Namun Aki Ajo menilai Pedro Acosta lebih mirip pembalap Ducati, Jack Miller.

"Selalu sangat sulit untuk membandingkan pembalap. Ada banyak pembalap berbakat di kejuaraan ini dan hampir setiap orang memiliki gaya dan caranya sendiri," kata Aki Ajo.

"Yang saya suka dari Pedro (Acosta) adalah dia memiliki gaya old school (jadul), yang mungkin sedikit mengingatkan saya tentang pembalap Australia Jack Miller dan Remy Gardner (sekarang di Moto2)."

"Gaya balap old school ini tidak normal lagi pada generasi muda. Tetapi jika Anda menggunakannya dengan baik, itu bisa menjadi bagian yang sangat kuat dari diri Anda," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Pujian dari Marc Marquez dan Valentino Rossi

Pedro Acosta
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta, menjuarai balapan Moto3 Doha, di Sirkuit Losail, Minggu (5/4/2021). (Twitter/Red Bull KTM Ajo)

Kini sepak terjang Pedro Acosta mulai mendapat perhatian besar dari pembalap papan atas MotoGP. Tidak terkecuali Marc Marquez.

Marc Marquez memprediksi pada setiap tahapannya sebelum terjun ke MotoGP, Pedro Acosta bakal meraih kesuksesan. Jika sang pembalap pada akhirnya turun di MotoGP, maka pembalap asal Spanyol ini bakal menyulitkan rider papan atas.

"Dia masih muda, dia akan sukses karena gaya balapnya berbeda. Dia akan naik ke Moto2 dan habis-habisan melakoni tahapannya, agar bisa ke MotoGP cepat atau lambat," kata Marc Marquez.

"Satu lagi pembalap Spanyol muncul dan saya tak punya masalah menyadari ketika hari itu tiba. Jika kemajuan berlanjut, itu akan membuat segala sesuatu sulit bagi setiap pembalap di MotoGP," lanjut juara dunia MotoGP enam kali itu.

Bukan hanya Marc Marquez, secara khusus Valentino Rossi memuji cara Pedro Acosta menaklukkan motor dan beradaptasi di kelas Moto3 yang menurutnya sangat luar biasa. Rossi memberikan pujian usai sang pembalap menang Moto3 Portugal, beberapa pekan lalu. 

"Dia kembali melakukan balapan fantastis di Portimao (Moto3 Portugal). Karena kini dia sudah berstatus sebagai pemuncak klasemen dan telah memenangkan dua balapan," kata Valentino Rossi.

"Hasilnya adalah finis 2 (Moto3 Qatar), 1 (Moto3 Doha), dan 1 (Moto3 Portugal), itu luar biasa. Portimao adalah balapan yang sempurna untuknya, juga dalam duel dengan pembala lain."

"Saya pikir dia adalah bakat yang sangat, sangat besar. Dia sangat kuat," lanjut juara dunia sembilan kali itu.

 

Sumber: Motorsport

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓