VIDEO: Kelebihan Mario Suryo Aji, Rider Indonesia yang Punya Gaya Balap Mirip Marc Marquez

Oleh Okie Prabhowo pada 07 Mei 2021, 18:52 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 18:52 WIB

Bola.com, Jakarta - Indonesia memiliki seorang pembalap potensial yang namanya sering terdengar pada dua ajang balap internasional: FIM CEV Moto3 Junior World Championship dan Red Bull Rookies Cup. Ia adalah Mario Suryo Aji, yang pernah disebut gaya balapnya mirip dengan bintang MotoGP, Marc Marquez.

Penampilan gemilang belum lama ditunjukkan Mario Suryo Aji di Eropa. Pembalap Astra Honda Racing Team tersebut mencatatkan hasil menawan pada seri pembuka Kejuaraan Dunia Moto3 Junior di Sirkuit Estoril, Portugal pada 25 April 2021. Rider Indonesia itu terpaut 0,060 detik saja dari podium tiga dan menduduki posisi keempat.

Kesempatan podium harus terlepas saat Mario Suryo Aji bersaing side by side menuju garis finis. Aksi impresif Mario ini meraih catatan waktu 29 menit 56,323 detik atau selisih 1,074 detik dengan posisi pertama dan selisih 0,060 detik dengan posisi ketiga.

Mario Suryo Aji juga sukses mencuri perhatian pada Red Bull Rookies Cup musim ini. Pada race kedua seri kedua di Sirkuit Jerez, Spanyol, beberapa waktu lalu, ia bisa finis kelima. Total empat race sudah dijalani Mario Suryo Aji dan ia selalu bisa finis zona poin.

Mario sempat mendapat pujian dari Diego Lozano selaku Junior Talent Team Riders Coach di ajang CEV Moto3 2020. Lozano bahkan menyebut Mario Suryo Aji punya gaya balap khusus dan ketika mengerem, pembalap berusia 16 tahun itu mirip juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez.

"Dia sangat cepat dan punya pengereman luar biasa. Sangat terlambat (late braking) dibandingkan rival. Hanya saja musim ini, ia bermasalah cedera, jika tidak, pasti bisa podium atau menang balapan. Performanya saat mengerem mirip seperti Marc Marquez. Dia (Mario Suryo Aji) juga pembalap yang agresif," kata Lozano.

Lalu, apa kelebihan Mario Suryo Aji, yang sempat disebut gaya membalapnya mirip Marc Marquez, menurut jurnalis Bola.com, Hendry Wibowo, dan juga Rizky Christanto, selaku Manajer Motorsport PT Astra Honda Motor? Kalian bisa menemukan jawabannya dalam tayangan wawancara di atas.

Streaming aksi Mario Suryo Aji bisa ditonton di Vidio.com, klik tautan ini