Indonesian Racing Team Melaju Mulus di Awal Musim MotoGP 2021

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 13:19 WIB
Pembalap Federal Oil Gresini, Fabio Di Giannantonio.
Pembalap Federal Oil Gresini, Fabio Di Giannantonio. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU).

Bola.com, Jerez - Kiprah Indonesian Racing Team di Moto2 dan Moto3 2021 semakin ciamik. Dua pembalapnya berhasil finis di podium pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 2 Mei 2021.

Tampil di kelas Moto2, Indonesian Racing Team beraksi lewat pembalap Federal Oil Gresini, Fabio Di Giannantonio, yang sukses keluar sebagai juara GP Spanyol mengungguli Marco Bezzechi (SKY Racing Team 46) dan Sam Lowes (Elf Marc VDS Racing Team).

Sementara di Moto3, Jeremy Alcoba dari Indonesian Racing Gresini mampu naik podium GP Spanyol bersanding dengan Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) dan Romano Fenati (Sterilgarda Max Racing Team).

Selain di Moto2 dan Moto3, Indonesian Racing Team melalui Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini di kelas MotoGP sanggup mengakhiri GP Jerez di peringkat keenam.

Matteo Ferrari, rider Indonesia E-Racing Gresini, menutup pekan brilian Indonesian Racing Team dengan menduduki peringkat keenam MotoE di GP Jerez.

Keberhasilan Indonesian Racing Team yang bekerja sama dengan Aprilia Racing Team Gresini membuat mereka mampu menyaingi kiprah Tim Petronas di klasemen MotoGP, Moto2, dan Moto3 2021.

Indonesian Racing Team berada di peringkat ke-7 dan tertinggal satu posisi dari Tim Petronas Malaysia SRT di MotoGP, peringkat ke-4 di Moto2 (unggul dua posisi dari Tim Petronas Sprinta Racing), dan peringkat ke-6 di Moto3 (unggul dua posisi dari Tim Petronas Sprinta Racing).

2 dari 4 halaman

Performa Mengejutkan

Aksi tim Indonesian Racing di MotoGP Jerez 2021
Aksi tim Indonesian Racing di MotoGP Jerez 2021

Principal Indonesian Racing Team, Rocky Soerapoetra, cukup terkejut dengan kinerja tim yang melaju kencang di awal musim.

"Sejak awal, kami yakin bahwa tim akan bisa meraih podium, tapi tidak secepat ini. Perkiraan kami, podium bisa didapat sekitar 3-6 bulan setelah musim balap dimulai," kata Rocky.

"Ternyata podium bisa didapat lebih cepat dari perkiraan kami. Ini benar-benar hasil yang luar biasa menyenangkan bagi tim, khususnya bagi bangsa Indonesia yang baru pertama kali terjun dalam event balap kelas dunia ini," jelasnya.

Keberhasilan Indonesian Racing Team sampai ke posisi saat ini, menurut Rocky tidak lepas dari kerja sama yang baik antara dengan Gresini.

"Contohnya dalam pemilihan pembalap untuk musim 2021 ini. Semua masukan dari Indonesian Racing Team, ternyata klop dengan pemikiran Gresini. Kami melihat saat ini hasilnya cukup memuaskan semua pihak," tutur Rocky.

"Keberhasilan kami sampai ke posisi saat ini juga disumbangkan oleh semangat membalap yang luar biasa dari pembalap-pembalap kami. Ini ditunjukkan dengan crash yang beberapa kali dialami oleh pembalap-pembalap kami."

"Crash itu diakibatkan semangat yang tinggi untuk bisa memenangi kompetisi di berbagai kelas di balapan ini. Mereka benar-benar berjuang untuk memenangkan balap dengan segala risiko yang dihadapi," kata Rocky.

3 dari 4 halaman

Masih Panjang

Aksi tim Indonesian Racing di MotoGP Jerez 2021
Aksi tim Indonesian Racing di MotoGP Jerez 2021 (ist)

Menurut Rocky, seri balap ke depan masih panjang karena baru empat seri yang dituntaskan. Masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Namun, dengan kinerja yang baik sampai saat ini, Rocky meyakini Indonesian Racing Team bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dari yang diperkirakan.

Rocky mengharapkan doa dan dukungan rakyat Indonesia untuk Indonesian Racing Team agar mampu mengalahkan tim balap elite lainnya di MotoGP. Rocky juga ingin bangsa Indonesia bangga memiliki tim balap kelas dunia yang berprestasi di ajang balap ini.

"Semoga dalam seri balap mendatang di Le Mans, Perancis, Indonesian Racing Team Kembali bisa menorehkan prestasi yang baik," tutur Rocky.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓