Sukses


Hasil MotoGP Prancis: Flag to Flag, Jack Miller Juara dan 2 Rider Tuan Rumah Naik Podium

Bola.com, Jakarta - Balapan flag to flag atau pertukaran motor lantaran awal lomba trek kering kemudian hujan turun tersaji pada seri kelima MotoGP 2021 di Sirkuit Le Mans, Prancis, hari Minggu (16/05/2021).

Jalannya awal balapan MotoGP Prancis pun penuh drama. Banyak pembalap terjatuh saat kali pertama hujan turun dan memaksa semua masuk pit untuk ganti motor yang memakai ban basah.

Juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez bahkan harus mengalami kecelakaan sebanyak dua kali dan berujung tidak finis. Beruntung kecelakaan tidak memberikan efek besar terhadap lengan kanan yang masih proses pemulihan.

Pembalap Ducati, Jack Miller pun sukses keluar sebagai pemenang balapan MotoGP Prancis. Jack Miller mengemas kemenangan kedua musim ini dan diraih secara berturut-turut.

Sementara dua pembalap tuan rumah, Johann Zarco dan Fabio Quartararo finis 2-3. Hasil podium ketiga sudah cukup membuat Fabio Quartararo kembali ke puncak klasemen. Karena pada saat yang sama, Pecco Bagnaia finis keempat.

Hanya saja gap antara Quartararo dan Bagnaia di posisi 1-2 klasemen hanya satu poin. Artinya peta persaingan masih bisa terus berubah. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Prancis diawali aksi saling salip Fabio Quartararo dan Jack Miller untuk menempati posisi pertama. Namun kemudian hujan mulai turun.

Lap 4 bendera putih tanda pembalap boleh bertukar motor sudah berkibar. Namun semua pembalap tidak langsung mengganti motor yang memakai ban kompon basah. Imbasnya banyak pembalap keluar trek.

Seperti lap 5 di mana Jack Miller sempat melintir. Baru pada lap 6, pembalap masuk pit ganti motor. Saat kembali masuk trek, Marc Marquez pimpin balapan disusul Fabio Quartararo.

Sayangnya saat melibas tikungan 14 pada lap 9, Marc Marquez mengalami highside. Beruntung ia masih sempat kembali ke trek. Fabio Quartararo pun memimpin balapan.

Tapi di lap 12, Jack Miller mengambil alih posisi pimpinan balapan dari Fabio Quartararo. Pembalap Ducati itu tampak begitu nyaman memakai ban basah kompon medium-lunak (depan-belakang), dibandingkan Quartararo: lunak-medium.

Terbukti Jack Miller langsung membuka gap lebar dan sudah unggul empat detik di lap 13. Komposisi 1-3 pun diisi Jack Miller, Fabio Quartararo, dan Johann Zarco.

Lap 19 pada tikungan 6, Marc Marquez kembali terjatuh saat berusaha merangsek ke 10 besar. Kini perjuangannya benar-benar berakhir. Lap 22, Johann Zarco akhirnya menyalip Fabio Quartararo untuk menempati posisi kedua.

Komposisi 1-3 saat garis finis pun menjadi milik Miller, Quartararo, dan Miller. 

 

3 dari 3 halaman

Hasil Balapan MotoGP Prancis

  1. Jack Miller (Ducati Team) 47 menit 25,473 detik
  2. Johann Zarco (Pramac Ducati) +3,970 detik
  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +14,468 detik
  4. Francesco Bagnaia (Ducati Team) +16,172 detik
  5. Danilo Petrucci (KTM Tech3) +21,430 detik
  6. Alex Marquez (LCR Honda) +23,509 detik
  7. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +30,164 detik
  8. Pol Espargaro (Repsol Honda) +35,221 detik
  9. Iker Lecuona (KTM Tech3) +40,432 detik
  10. Maverick Vinales (Monster Yamaha) +40,577 detik
  11. Valentino Rossi (Petronas Yamaha) +42,198 detik
  12. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati) +52,408 detik
  13. Brad Binder (KTM) +59,377 detik
  14. Enea Bastianini (Avintia Ducati) +1 menit 2,224 detik
  15. Tito Rabat (Pramac Ducati) +1 menit 9,651 detik
  16. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +1 menit 19,719 detik

Tidak Finis

  • Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
  • Marc Marquez (Repsol Honda)
  • Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini)
  • Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  • Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
  • Joan Mir (Suzuki Ecstar)

 

 

Video Populer

Foto Populer