Sukses


Mengenal Hukuman Long Lap Penalty, Biar Anda Enggak Bingung Nonton Balapan MotoGP

Bola.com, Jakarta - Jika Anda menyaksikan dengan cermat jalannya balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, hari Minggu (16/05/2021) lalu, maka Anda pasti mengetahui bahwa Jack Miller dan Fabio Quartararo sempat mendapat hukuman Long Lap Penalty sebelum akhirnya finis posisi pertama dan ketiga.

Buat Anda yang masih awam dengan istilah Long Lap Penalty, pada artikel ini, Bola.com coba memberikan penjelasan buat Anda.

Pada dasarnya, Long Lap Penalty merupakan hukuman yang diberikan Direktur Lomba kepada pembalap yang melanggar peraturan saat balapan sedang berlangsung.

Ya, Long Lap Penalty memang hanya berlaku saat balapan. Pada prakteknya, penerima hukuman harus melalui area yang sudah ditentukan Direktur Lomba. Setiap sirkuit, area Long Lap Penalty berbeda-beda.

Buat pembalap yang mendapat hukuman ini, dipastikan bisa kehilangan 1-2 detik per lap. Sebuah kerugian tentunya.

Lantas jenis pelanggaran apa yang berhak mendapatkan Long Lap Penalty? Jumlahnya sangat banyak. Tapi Bola.com coba memberikan contoh apa yang dialami Jack Miller dan Fabio Quartararo pada balapan MotoGP Prancis.

Jack Miller dihukum Long Lap Penalty lantaran melanggar batas kecepatan motor ketika masuk pit. Kecepatan motor pembalap Ducati sekitar 70 km/jam padahal regulasi menuliskan 60 km/jam.

Direktur Balapan pun memvonis Jack Miller melakukan Long Lap Penalty sebanyak dua kali. "Jujur awalnya saya tidak sadar apa kesalahan yang saya perbuat," ujar Jack Miller soal hukuman yang ia dapat pada balapan MotoGP Prancis.

"Ternyata alat pengukur kecepatan telah menangkap pergerakan motor saya," lanjut pembalap yang sudah menang dua balapan terakhir itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kesalahan Fabio Quartararo

Sementara jenis pelanggaran yang didapat Fabio Quartararo berbeda dengan Jack Miller pada balapan MotoGP Prancis. Pembalap asal Prancis itu bersalah lantaran masuk ke area pit rekan setimnya, Maverick Vinales ketika ganti motor dalam kondisi flag to flag.

Tapi Fabio Quartararo tidak sepenuhnya salah. Karena memang kru tim Yamaha menyediakan motor di pit milik Maverick Vinales. Namun tetap saja, eks rider Petronas Yamaha SRT itu harus mendapat Long Lap Penalty.

Tentu masih banyak lagi jenis pelanggaran yang mendapat hukuman Long Lap Penalty. Contoh lainnya adalah pembalap yang melalukan jump start.

Kesimpulannya, tugas seorang pembalap itu bukan hanya sekadar mengendarai motor secepat mungkin. Mereka juga harus mengetahui banyaknya regulasi agar terhindar dari hukuman yang merugikan.

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer