Sukses


3 Alasan Valentino Rossi Bakal Kompetitif di MotoGP Italia di Sirkuit Mugello: Ini Balapan Kandang Bung!

Bola.com, Jakarta - Valentino Rossi belum kunjung merasakan hasil positif pada MotoGP 2021. Terbaru pembalap Petronas Yamaha SRT itu hanya finis posisi sebelas pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, hari Minggu (16/05/2021).

Artinya MotoGP 2021 sudah menggelar lima seri. Tapi pembalap berusia 42 tahun ini masih gagal bersinar. Pembalap sekaliber dirinya bahkan belum pernah finis sepuluh besar.

Awal musim yang buruk, turut menyeret masa depan Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha SRT di ajang MotoGP. Valentino Rossi pun mengungkapkan setelah sembilan balapan MotoGP 2021, misteri apakah dirinya lanjut atau pensiun dari ajang MotoGP bakal terjawab.

"Kami sudah sepakat dengan pihak Yamaha dan Petronas. Setelah sembilan balapan kami memiliki liburan musim panas dan saya pikir saya akan memutuskan untuk tahun depan pada saat itu," kata Rossi.

Kabar baiknya dari sekarang sampai seri kesembilan nanti, Valentino Rossi punya kans besar untuk bersinar. Karena beberapa balapan berstatus race di mana ia kerap bersinar. Salah satunya seri berikutnya di Sirkuit Mugello, Italia, 30 Mei.

Alasannya bukan hanya lantaran MotoGP Italia merupakan balapan kandang Valentino Rossi. Namun juga ada tiga alasan lainnya. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 4 halaman

1. Rekam Jejak Baik di MotoGP Italia

Sirkuit Mugello absen menggelar MotoGP 2020 di mana banyaknya pembalap dibatalkan akibat COVID-19. Nah sebelum momen ini, Valentino Rossi dikenal punya rekam jejak baik di MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello.

Tercatat untuk kelas MotoGP, Valentino Rossi bahkan masih berstatus pembalap paling seri menang yaitu tujuh kali: 2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, dan 2008.

Meski sudah lama tidak merasakan kemenangan MotoGP Italia, Valentino Rossi reguler naik podium di Mugello. Seperti musim 2014, 2015, dan 2018 saat local hero itu naik podium ketiga.

Jadi tidak berlebihan rasanya menyebut kans Valentino Rossi bangkit pada balapan MotoGP Italia 2021 begitu besar.

3 dari 4 halaman

2. Yamaha Punya Rapor Bagus

Tiga edisi terakhir MotoGP Italia, pembalap Ducati selalu berjaya di Sirkuit Mugello. Dimulai Andrea Dovizioso musim 2018, Jorge Lorenzo tahun 2018, dan Danilo Petrucci pada 2019.

Namun sebelum itu, Yamaha begitu dominan. Adalah berkat sepak terjang Jorge Lorenzo yang finis pertama pada edisi 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016. Belum lagi fakta Valentino Rossi menang di Mugello dengan motor Yamaha di tahun 2002-2008.

Artinya jika melihat sejarah, Yamaha punya kans besar bersinar pada balapan MotoGP Italia.

4 dari 4 halaman

3. Sinyal Bagus di MotoGP Prancis

Valentino Rossi memang hanya finis sebelas pada balapan MotoGP Prancis yang berlangsung flag to flag. Tapi jika mengaspal pada trek kering, motor Yamaha YZR-M1 punya kecepatan menjanjikan.

Lihat saat Valentino Rossi finis sembilan pada FP2 MotoGP Prancis. Hasil itu membawa sang pembalap langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua untuk kali pertama sejak seri pertama MotoGP Qatar.

Artinya komentar Rossi yang menyebut motor Yamaha YZR-M1 menemukan sesuatu positif pada tes di Jerez, Spanyol beberapa waktu lalu benar adanya. Kini kecepatannya pada trek kering bakal coba dikonfirmasi di MotoGP Italia nanti.

Video Populer

Foto Populer