VIDEO: Marco Simoncelli dan 3 Pembalap Motor yang Tewas Akibat Kecelakaan Fatal Saat Balapan

Oleh Abdul Aziz pada 06 Jun 2021, 15:03 WIB
Diperbarui 06 Jun 2021, 15:03 WIB

Bola.com, Jakarta MotoGP pernah kehilangan seorang pembalap pemberani asal Italia, Marco Simoncelli, yang tutup usia setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Oktober 2011.

Kecelakaan yang dialami Marco Simoncelli dan melibatkan Colin Edwards dan Valentino Rossi di MotoGP Malaysia 2011 memang tidak bisa terhindarkan.

Saat itu balapan baru berjalan dua lap, di mana pada awal balapan Simoncelli begitu ketat bersaing dengan Alvaro Bautista. Namun, saat tengah menikung, Simoncelli kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Sayangnya, Simoncelli terjatuh dengan posisi tetap berada di motornya yang kemudian meluncur dari tengah lintasan ke arah kanan, di mana dari arah belakang Colin Edwards dan Valentino Rossi tidak bisa menghindari tabrakan tersebut. Colin Edwards ikut terjatuh setelah menabrak tubuh bagian belakang Simoncelli yang berada di atas aspal.

Sementara Valentino Rossi masih bisa menjaga keseimbangan dan terus berjalan. Namun, Simoncelli tidak bisa diselamatkan. Insiden itu cukup buruk baginya. Bahkan helm pembalap Honda Gresini itu sampai terlepas dari kepalanya.

Dunia balap motor berduka saat itu. Simoncelli yang dikenal memiliki gaya balapan yang unik karena keberaniannya untuk beradu dengan pembalap lain telah tiada. Valentino Rossi, sang kompatriot, tak bisa menahan derasnya air mata.

Namun, selain Marco Simoncelli ada pembalap lain yang harus meninggal akibat kecelakaan. Berikut empat pembalap motor yang tewas akibat kecelakaan fatal saat balapan.