Sukses


Nasib Apes Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya: 2 Kali Kena Hukuman, Finis Keenam Deh

Bola.com, Barcelona - Sudah jatuh, tertimpa tangga. Itulah yang dialami Fabio Quartararo, dalam MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, Minggu (6/6/2021).

Pembalap Monster Energy Yamaha ini dua kali mendapatkan hukuman mundur tiga detik akibat kesalahan yang ia lakukan dalam balapan tersebut.

El Diablo memang jadi pusat perhatian dalam balapan ini. Berkat start dari pole, ia pun dijagokan menang. Namun, ia justru kesulitan dengan ban belakang hingga harus susah payah masuk tiga besar.

Saat bertarung sengit dengan Miguel Oliveira dan Johann Zarco pada 5-6 lap terakhir, kendala pun datang: baju balapnya mendadak terbuka.

Meski tak memahami penyebabnya, Fabio Quartararo kedapatan membuang pelindung dadanya pada salah satu tikungan. Ia juga terlihat beberapa kali berusaha menutup baju balapnya kembali saat bertarung sengit dengan Jack Miller pada Lap 23, yang membuatnya melebar di Tikungan 1-2.

Video

2 dari 4 halaman

Hukuman Pertama

Kesalahan Fabio Quartararo yang melebar di Tikungan 1-2 itu pun dianggap FIM Stewards Panel sebagai pelanggaran, karena dianggap mengambil jalur pintas. Alhasil, meski melewati garis finis di posisi ketiga, ia dijatuhi hukuman mundur tiga detik, hingga ia harus rela podium jatuh ke tangan Miller.

Namun, Ducati dan Suzuki memprotes keputusan FIM Stewards Panel yang tak menghukum Quartararo karena membuang pelindung dada, yakni perangkat keamanan yang wajib dipakai pembalap Grand Prix. Ini sesuai dengan regulasi Perangkat Keselamatan Pembalap yang menyatakan:

"Diwajibkan bagi setiap pembalap terkontrak memulai setiap balapan dengan setidaknya dua set komplet dari perangkat keamanan yang tak rusak. Set komplet perangkat keselamatan terdiri dari: helm, baju balap, sarung balap, sepatu bot, pelindung punggung, pelindung dada. Seluruh perangkat harus dipakai, dirapatkan dengan tepat, sepanjang aktivitas di lintasan."

  

3 dari 4 halaman

Hukuman Kedua

FIM Stewards Panel pun akhirnya menerima protes Ducati dan Suzuki. Lima jam setelah balapan MotoGP berakhir, mereka pun menjatuhkan satu lagi hukuman mundur tiga detik kepada Quartararo. Alhasil, rider berusia 22 tahun ini dinyatakan finis keenam, dan poinnya di klasemen pembalap berkurang dari 118 menjadi 115.

"FIM MotoGP Stewards: Pembalap MotoGP #20 @FabioQ20 telah dijatuhu hukuman tiga detik karena berkendara tanpa baju balap yang ditutup dengan tepat dan tanpa pelindung dada yang dibutuhkan," tulis MotoGP lewat Twitter.

Berikut hasil balap dan klasemen sementara yang telah direvisi usai dijatuhkannya hukuman Quartararo.

  

4 dari 4 halaman

Hasil Balapan

  1. Miguel OLIVEIRA - Red Bull KTM Factory Racing - 40'21.749
  2. Johann ZARCO - Pramac Racing +0.175
  3. Jack MILLER - Ducati Lenovo Team +1.990
  4. Joan MIR - Team SUZUKI ECSTAR +5.325
  5. Maverick VIÑALES - Monster Energy Yamaha MotoGP +6.281
  6. Fabio QUARTARARO - Monster Energy Yamaha MotoGP +7.815
  7. Francesco BAGNAIA - Ducati Lenovo Team +8.175
  8. Brad BINDER - Red Bull KTM Factory Racing +8.378
  9. Franco MORBIDELLI - Petronas Yamaha SRT +15.652
  10. Enea BASTIANINI - Avintia Esponsorama +19.297
  11. Alex MARQUEZ - LCR Honda CASTROL +21.650
  12. Luca MARINI - SKY VR46 Avintia +22.533
  13. Takaaki NAKAGAMI - LCR Honda IDEMITSU +27.833
  14. Jorge MARTIN - Pramac Racing +29.075
  15. Lorenzo SAVADORI - Aprilia Racing Team Gresini +40.291

Gagal finis: 

  • Iker LECUONA - Tech 3 KTM Factory Racing
  • Valentino ROSSI - Petronas Yamaha SRT
  • Aleix ESPARGARO - Aprilia Racing Team Gresini
  • Marc MARQUEZ - Repsol Honda Team
  • Danilo PETRUCCI - Tech 3 KTM Factory Racing
  • Pol ESPARGARO - Repsol Honda Team

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 7/6/2021)

Video Populer

Foto Populer