4 Kandidat Pembalap Pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT pada MotoGP 2021: Semua Masih Muda dan Berstatus Rider Moto2

Oleh Hendry Wibowo pada 08 Jun 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 08:00 WIB
MotoGP - Valentino Rossi Petronas Yamaha
MotoGP - Valentino Rossi Petronas Yamaha (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pembalap paling senior di ajang MotoGP 2021, Valentino Rossi mengakhiri balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona hari Minggu (06/06/2021) lalu dengan catatan tidak finis.

Raihan buruk untuk pembalap berusia 42 tahun itu mengingat ia punya rekam jejak baik pada balapan MotoGP Catalunya.

Kesimpulannya kini jelang, dua kesempatan untuk unjuk gigi: MotoGP Italia dan Catalunya sudah terbuang percuma bagi pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.

Tidak heran saat ini mulai muncul isu bahwa juara dunia sembilan kali tersebut sudah bulat memutuskan untuk pensiun penghujung MotoGP 2021.

Petronas sendiri disebutkan tinggal menunggu waktu untuk mengumumkan lanjutan kerja sama dengan Yamaha sebagai tim satelit di musim 2022. Yang artinya, langkah berikutnya adalah Petronas harus terjun ke pasar pembalap untuk mencari pengganti.

Mengutip situs Corsedimoto, setidaknya ada empat pembalap yang kini masuk bursa tim Petronas Yamaha SRT untuk menggantikan Valentino Rossi. Semua masih muda dan tahun ini mentas pada ajang MotoGP. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

2 dari 6 halaman

1. Raul Fernandez

Raul Fernandez
Raul Fernandez (LLUIS GENE / AFP)

Usianya masih 20 tahun. Kini nama Raul Fernandez sedang naik daun berkat sepak terjang apik di kelas Moto2. Dia total telah mengemas lima podium: rinciannya dua kemenangan, dua kali podium kedua, dan sekali podium ketiga.

Dinilai sosok paling pas untuk menggantikan Valentino Rossi. Karena dinilai punya bakat dan skill mumpuni.

Tapi Petronas Yamaha harus bekerja keras melepaskan Raul Fernandez dari kontrak bersama KTM saat ini. Karena isunya ia sudah diplot KTM untuk mentas di ajang MotoGP bersama tim satelit Tech 3.

3 dari 6 halaman

2. Joe Roberts

Joe Roberts
Pembalap Moto2, Joe Roberts diminati tim Aprilia untuk MotoGP 2021. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Pembalap asal Amerika Serikat ini jadi salah satu bakat yang banyak dilirik tim MotoGP berkat performa mengkilap pada Moto2 2020. Musim ini, Joe Roberts kembali membuktikan sebagai salah satu kandidat juara dunia Moto2.

Usianya terbilang sudah siap untuk naik kelas ke MotoGP yaitu 23 tahun. Namun Petronas Yamaha harus bersaing dengan Aprilia untuk merekrutnya.

Fakta Joe Roberts berasal dari Amerika Serikat tentu sangat disukai Dorna sebagai penyelenggara MotoGP. Karena sudah cukup lama tidak ada pembalap asal Negeri Paman Sam di kelas MotoGP.

4 dari 6 halaman

3. Jake Dixon

Jake Dixon
Pembalap Petronas di kelas Moto2, Jake Dixon. (Twitter/Petronas SRT)

Jake Dixon merupakan pembalap Petronas Sprinta Racing di kelas Moto2 sejak tahun 2020. Prestasinya terbilang biasa saja. Raihan terbaik juara Superbike Inggris itu sejauh ini adalah finis keempat Moto2 Aragon musim lalu.

Namun sosok Jake Dixon disebutkan sumber ini sangat disukai Dorna sebagai penyelenggara MotoGP. Alasannya simpel karena pembalap 25 tahun itu punya paspor Inggris.

Nah kebetulan Dorna memang sedang mencari pembalap Inggris untuk mentas di MotoGP. Setelah Cal Crutchlow tidak punya tim pada musim 2021, tercatat tidak ada pembalap Inggris di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Padahal Inggris salah satu negara penting untuk MotoGP. Oleh karena itulah, jika Petronas Yamaha SRT menyodorkan nama Jake Dixon untuk menggantikan Valentino Rossi, maka Dorna dipastikan merestui.

5 dari 6 halaman

4. Xavi Vierge

Xavi Vierge
Xavi Vierge (LLUIS GENE / AFP)

Jika gagal merekrut Raul Fernandez atau Joe Roberts, maka Petronas Yamaha SRT paling mungkin mencari pembalap yang memperkuat tim mereka di ajang Moto2. 

Jadi selain Jake Dixon, maka Xavi Vierge juga dipastikan masuk kandidat. Apalagi pembalap asal Spanyol itu baru saja mempersembahkan podium pertama untuk tim Petronas Sprinta Racing di ajang Moto2 2021. 

Xavi Vierge, 24 tahun, sukses finis ketiga pada balapan Moto2 Catalunya. So patut ditunggu siapa pembalap yang akan menggantikan Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT. Atau jangan-jangan, The Doctor membuat kejutan dengan tampil di ajang MotoGP untuk satu musim lagi tahun 2022. 

 

Sumber: Corsedimoto 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓