Sukses


Rampung 80 Persen, Sirkuit Mandalika Siap Gelar WorldSBK 2021

Bola.com, Lombok - Pembangunan Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai 80 persen.

Dengan begitu, sirkuit yang memiliki panjang 4,3 km tersebut siap menggelar balapan WorldSBK 2021 pada 12 sampai 14 November mendatang. Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menghelat MotoGP yang rencananya bergulir pada Maret 2022.

Menurut akun resmi Instagram Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengerjaan secara umum berjalan sangat baik, dan lintasan sirkuit sudah menjalani pengaspalan.

Laporan mereka pada Rabu (7/7/2021) lalu menyatakan pengaspalan sudah mencapai 7.860 meter dari total 8.120 meter di seluruh sirkuit. Pengaspalan sudah dilakukan sejak 3 Juli, dan lapisan aspal kedua diperkirakan akan selesai pekan ini.

"Progress pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika secara keseluruhan mencapai 80,02 persen dengan progres pengaspalan service road yang sudah teraspal sekitar 7.860 meter dari total 8.120 meter," tulis pernyataan MGPA.

"Selain pekerjaan tersebut, sejak 3 Juli 2021 lalu, pekerjaan aspal lapis kedua (AC-Binder) sudah dimulai untuk segmen pertama dan dilanjutkan untuk segmen-segmen berikutnya. Pekerjaan lapis kedua ini akan selesai pada pertengahan bulan Juli 2021," lanjut pernyataan MGPA.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Membangun Race Control

Proses homologasi oleh perwakilan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) juga akan dilakukan akhir Juli ini. "Pekerjaan lapisan terakhir (Stone Mastic Asphalt/SMA) pada tracklane akan selesai sebelum homologasi yang akan dilaksanakan pada Akhir Juli hingga awal Agustus 2021 mendatang."

Tak hanya itu, pada Selasa (13/7/2021), MGPA juga menyatakan mereka sudah mulai membangun ruangan Race Control di Sirkuit Mandalika, yang nantinya akan ditempati oleh Race Direction dan FIM Stewards. Saat ini, pembangunan sudah mencapai 65 persen dan diperkirakan akan tuntas pada akhir Juli.

"Pencinta MotoGP pasti sudah familiar dengan Race Control yang merupakan ruangan khusus untuk melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. Race control juga menjadi salah satu dari sekian banyak aspek yang akan di homologasi dalam waktu dekat," tulis MGPA.

 

3 dari 3 halaman

Terinspirasi Rumah Adat Desa Sasak Sade

MGPA juga menyatakan gedung Race Control terdiri dari dua lantai, yang desain atapnya terinspirasi Bale Lumbung, salah satu jenis rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah, simbol kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat suku Sasak dan juga sebagai lambang identitas dari Lombok Tengah.

WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 12 sampai 14 November mendatang. MotoGP Indonesia diperkirakan akan digelar pada Maret, setelah seisi paddock menjalani balapan di Losail, Qatar.

Sumber: Instagram/TheMandalikaGP, MGPA

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published: 14/07/2021)

Video Populer

Foto Populer