Dipastikan Comeback, Dani Pedrosa Ikutan MotoGP Styria 2021

Oleh Hendry Wibowo pada 20 Jul 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 07:07 WIB
Dani Pedrosa
Pembalap penguji KTM, Dani Pedrosa bakal mentas pada balapan MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring. (Twitter/KTM)

Bola.com, Jakarta - Tim pabrikan KTM akhirnya resmi mengumumkan bahwa pembalap penguji mereka, Dani Pedrosa, akan kembali turun balapan dengan fasilitas wildcard di seri kandang mereka, yakni MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus nanti.

Pengumuman ini dirilis pada Selasa (20/7/2021). Rumor Dani Pedrosa comeback balapan sebagai pembalap wildcard mulai beredar di sela MotoGP Jerman dan Belanda pada Juni lalu.

Kala itu Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyebut Dani Pedrosa jelas akan turun balapan musim ini. Awalnya eks pembalap Repsol Honda itu kerap menolak rayuan KTM untuk turun sebagai rider wildcard di MotoGP.

Dia berdalih tak ingin lagi memikul beban kompetisi. Namun, belakangan ini ia mengakui kans menjadi rider wildcard lebih masuk akal tahun ini, usai KTM terlihat lebih kompetitif.

Dani Pedrosa sendiri pensiun pada akhir 2018 dalam usia 33 tahun, usai 18 tahun turun di Kejuaraan Dunia Balap Motor bersama Honda, dan 13 tahun di antaranya ia habiskan membela Repsol Honda di MotoGP.

Sepanjang kariernya, ia meraih gelar dunia kelas 125cc tahun 2003 serta kelas 250cc 2004 dan 2005. Balapan terakhirnya adalah MotoGP Valencia 2018.

Setelah pensiun, Pedrosa uniknya justru bergabung dengan KTM, menjabat sebagai test rider bukan bekerja untuk Honda. Rider Spanyol ini pun langsung menjadi pion penting dalam pengembangan RC16.

Kerja kerasnya terbukti membantu KTM meraih 8 podium dan 3 kemenangan pada 2020, dilanjut dengan 3 podium dan 1 kemenangan pada 2021. Yuk scroll ke bawah untuk membaca komentar resmi Dani Pedrosa.

2 dari 3 halaman

Komentar Dani Pedrosa

Dani Pedrosa, MotoGP
Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa, akan mengumumkan masa depannya di MotoGP. (MotoGP)

"Super menarik menjadi bagian dari proyek ini sejak awal bersama KTM di MotoGP, serta bisa berbagi pengalaman dengan mereka. Selangkah demi selangkah, kami bekerja dengan cara terbaik, dan kini sangatlah menarik untuk kembali balapan, karena ini bisa memberi perspektif berbeda dibandingkan dengan uji coba yang normal.

"Sudah lama sejak balapan terakhir saya, dan tentu mentalitas dalam sebuah Grand Prix sangatlah berbeda dari uji coba. Fokus saya dalam balapan ini adalah menjajal banyak hal yang kami punya dalam situasi balap. Saya harap bisa memahami permintaan para pembalap untuk berbagai sesi dan fitur teknis berbeda. Menonton dari rumah, saya bisa melihat kemajuan pada motor dan balapan.

"Namun, demi lebih jauh memahami motor MotoGP beserta teknologi baru, cara balapan, dan cara menggunakan strategi dalam melawan para rival, kami pun memanfaatkan wildcard ini. Sulit bicara soal ekspektasi usai lama menjauh dari kompetisi. Saya bisa saja langsung cocok dengan mentalitas balap, tapi juga bisa tidak. Namun, kami akan coba menikmati akhir pekan sebaik mungkin."

Sumber: KTM Factory Racing

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 20/07/2021)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Klasemen MotoGP Setelah Seri San Marino, Pecco Bagnaia Masih Membayangi Fabio Quartararo