MotoGP Thailand 2021 Resmi Dibatalkan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 21 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 18:15 WIB
MotoGP - Ilustrasi Logo MotoGP
MotoGP - Ilustrasi Logo MotoGP (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Penyelenggara MotoGP resmi membatalkan seri MotoGP Thailand yang seharusnya digelar pada Oktober 2021, Rabu (21/7/2021). Pembatalan itu terkait kasus Covid-19 yang kembali naik di sana.  

Spelukasi apakah MotoGP Thailand 2021 tetap digelar sudah menjadi pembahasan sebelum pengumuman keputusan resmi hari ini. Thailand saat ini membukukan rekor jumlah kasus Covid 19-dan yang berujung pembatasan pergerakan. Selain itu, program vaksinasi juga berjalan lamban. Alhasil, pembatalan MotoGP Thailand menjadi tak terhindarkan. 

"FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Thailand Grand Prix, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang dari 15 hingga 17 Oktober," ujar pihak Dorna, seperti dikutip Crash

"Terlepas dari upaya terbaik dari semua pihak yang terlibat, pandemi Covid-19 dan pembatasan yang diakibatkannya membuat pembatalan acara tersebut wajib dilakukan." 

"FIM dan MotoGP menantikan untuk kembali balapan di depan penonton Buriram yang sangat bersemangat pada 2022. Penggantian event sedang dipertimbangkan dan setiap pembaruan mengenai kemungkinan pengganti akan dipublikasikan segera setelah ada kepastian."," imbuh Dorna. 

 

2 dari 3 halaman

MotoGP Malaysia Juga Terancam

MotoGP - Alex Rins, Marc Marquez, Valentino Rossi
MotoGP - Alex Rins, Marc Marquez, Valentino Rossi (Bola.com/Adreanus Titus)

Setelah bergabung dengan kalender MotoGP pada 2018, seri Thailand 2019 berhasil mencatatkan kehadiran penonton tertinggi musim ini dengan 226.655 fans yang datang pada akhir pekan. Penyelenggara meraup total 3,45 miliar baht (95 juta euro).

Namun, pandemi Covid-19 membuat seri MotoGP Thailand dibatalkan, sama seperti semua seri non-Eropa lainnya.

Satu-satunya seri non-Eropa di MotoGP yang digelar sepanjang awal pandemi adalah MotoGP Qatar yang menjadi balapan pembuka. MotoGP America Serikat dijadwalkan kembali pada 3 Oktober, adapun seri Argentina ditunda, tapi belum dibatalkan. 

Pembalatan MotoGP Thailand tersebut juga membuat nasib MotoGP Malaysia terancam. MotoGP Malaysia awalnya diagendakan digelar sepekan setelah MotoGP Thailand. 

Sumber: Crash  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓