Valentino Rossi Pensiun, Alex Rins: Senang Rasanya Pernah Berduel dengan Sang Legenda

Oleh Rizki Hidayat pada 05 Agu 2021, 22:27 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 23:16 WIB
Alex Rins dan Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mulai mewaspadai pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, di MotoGP 2019. (AFP/JUAN MABROMATA)

Bola.com, Jakarta - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, turut sedih dengan keputusan Valentino Rossi untuk pensiun pada akhir musim ini. Rins mengaku bangga pernah berduel dengan Rossi dalam balapan MotoGP.

The Doctor mengumumkan pensiun, Kamis (5/8/2021) malam WIB, jelang balapan MotoGP Styria 2021. Valentino Rossi memilih untuk mundur dari ajang balap motor kelas para raja akibat sulit bersaing.

Sejak bergabung dengan Yamaha SRT pada awal musim ini, Rossi harus bekerja keras untuk bisa menembus posisi lima besar. Bahkan, posisi terbaik Valentino Rossi di MotoGP 2021 adalah urutan ke-10 di Sirkuit Mugello pada 30 Mei lalu.

Rentetan hasil kurang memuaskan tersebut membuat Valentino Rossi berada di urutan ke-19 klasemen sementara pembalap dengan nilai 17. Bagi Rossi, itu adalah posisi terburuk sepanjang kariernya di dunia balap (kelas 125cc, 250cc, 500cc, MotoGP).

"MotoGP 2020, saya masih sangat kuat pada awal musim. Saya masih sempat podium (finis ketiga MotoGP Andalusia) dan setidaknya saya masih ada di sana (baris depan)," ujar Rossi.

"Setelah itu pada akhir musim, saya bermasalah untuk berada dengan pembalap yang berada di baris depan. Level MotoGP saat ini sangat tinggi. Banyak pembalap muda masuk dan bekerja sangat keras. Jadi memang tidak ada alasan khusus, tetapi ada beberapa faktor," lanjut Valentino Rossi

 

2 dari 3 halaman

Komentar Alex Rins

Valentino Rossi Membalap di MotoGP Aragon
Pembalap tim Yamaha, Valentino Rossi duduk di antara pembalap tim Suzuki Ecstar, Alex Rins dan pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso saat menghadiri konferensi pers MotoGP Aragon 2017 di Sirkuit MotorLand, Spanyol, Kamis (21/9). (JAVIER SORIANO/AFP)

Keputusan Valentino Rossi untuk pensiun mendapat tanggapan dari Alex Rins. Pembalap berusia 25 tahun tersebut mengaku tak akan pernah melupakan sejumlah duelnya dengan Rossi di ajang MotoGP.

"Senang rasanya bisa berbagi trek dengan seorang legenda. Saya akan dapat memberi tahu putra saya Lucas bahwa saya telah berlomba dengan The Doctor. Terima kasih untuk kenangannya dan semoga sukses untuk masa depan Valentino Rossi," tulis Rins di akun resmi Twitter-nya.

Rossi merupakan satu di antara pembalap tersukses di ajang MotoGP. Dia berhasil merengkuh sembilan gelar juara dunia. Mulai dari satu trofi di kelas 125cc dan 250 cc, dua gelar di kelas 500cc, dan empat gelar juara dunia lainnya diraih The Doctor pada ajang MotoGP.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Valentino Rossi sukses meraih 89 kemenangan, 199 podium, 55 pole positions.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Klasemen MotoGP Setelah Seri San Marino, Pecco Bagnaia Masih Membayangi Fabio Quartararo