Sukses


Rangkaian Insiden Mengerikan Red Bull Ring : Tahun Lalu, Rossi Nyaris Kena Hajar Motor dan Musim Ini Diwarnai Insiden Motor Terbakar

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Red Bull Ring kembali jadi tempat terjadinya insiden mengerikan pada ajang MotoGP. Terbaru menimpa Dani Pedrosa dan pembalap Aprilia, Lorenzo Savadori pada balapan MotoGP Styria, Minggu (09/08/2021).

Singkat cerita, Dani Pedrosa mengalami kecelakaan di Tikungan 3 pada lag ketiga balapan MotoGP Styria 2021. Akibatnya, motor KTM RC16 milik pembalap asal Spanyol itu terdampar di trek.

Kejadian hanya sepersekian detik, sehingga petugas sirkuit belum sempat mengevakuasi motor milik Dani Pedrosa. Ya, Lorenzo Savadori yang keluar Tikungan 3 dalam kondisi tidak melihat ada motor Pedrosa di trek.

Lorenzo Savadori pun menghajar motor tersebut, sehingga muncul kobaran api dari dua motor milik pembalap asal Italia itu dan Pedrosa. Red flag berkibar dan balapan sempat terhenti cukup lama sebelum restart.

Situs Motorsport menulis berarti sudah terjadi sebanyak tiga balapan terakhir di Red Bull Ring di mana red flag berkibar lantaran insiden yang serius.

Jika melihat ke belakang, MotoGP Austria 2020 juga terjadi insiden mengerikan yang nyaris mencelakai juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi. Berawal dari kecelakaan yang dialami Johann Zarco dan Franco Morbidelli terjadi pada lap ke-8 MotoGP Austria 2020.

Zarco menyenggol Morbidelli dan imbasnya motor keduanya meluncur deras di sirkuit sebelum berakhir di area gravel. Hanya saja dua motor tersebut melewati satu tikungan dan nyaris menghajar Valentino Rossi yang sedang lewat.

Kala itu red flag juga berkibar. Kabar baiknya semua yang terlibat dalam insiden tidak ada yang terluka.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Komentar Pembalap

Fakta banyaknya kejadian mengerikan terjadi di Sirkuit Red Bull Ring membuat beberapa pembalap menganggap pentingnya aspek keselamatan sirkuit yang memang punya ciri khas super cepat itu ditingkatkan.

Meskipun begitu banyak juga yang percaya kecelakaan yang melibatkan Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori di MotoGP Styria 2021 bisa saja terjadi pada trek lainnya bukan hanya Red Bull Ring.

"Saya tidak berpikir ini adalah kecelakaan yang aneh karena ini bisa terjadi di sirkuit ini dan juga bisa terjadi di sirkuit mana pun," kata Cal Crutchlow yang tampil di MooGP Styria menggantikan Franco Morbidelli di tim Petronas Yamaha SRT.

"Mereka (Pedrosa dan Savadori) beruntung. Itu bagus bahwa mereka berdua baik-baik saja, jelas pergelangan kaki Lorenzo cedera, tetapi saya yakin dia akan segera kembali," lanjutnya.

Jack Miller juga meyakini insiden mengerikan MotoGP Styria terjadi bukan karena faktor Sirkuit Red Bull Ring.

"Red flag hari ini sedikit berbeda. Itu bisa terjadi di trek mana pun, ketika satu motor kecelakaan dan yang lain menabraknya ketika semuanya begitu berdekatan. Jadi, saya rasa itu bukan kesalahan trek," pembalap Ducati itu memberikan analisis.

Sumber: Motorsport

Video Populer

Foto Populer