Sukses


Sukses di MotoGP, Davide Brivio Merasa Berutang kepada Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Davide Brivio adalah salah satu sosok di belakang layar pada ajang MotoGP yang telah merasakan banyak sukses. Davide Brivio berada di Yamaha ketika Valentino Rossi merasakan banyak kemenangan dan titel juara dunia pada musim 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Brivio juga punya peran penting atas sukses Jorge Lorenzo jadi juara dunia MotoGP 2010 bersama Yamaha. Terbaru dan masih hot, ia mengantarkan Joan Mir menjadi juara dunia bersama Suzuki pada musim 2020.

Usai sukses itu, Brivio meninggalkan Suzuki dan gabung tim Formula 1, Alpine yang dahulu bernama Renault. Hebatnya di ajang balap jet darat, ia hanya butuh sebelas balapan untuk merasakan kemenangan perdana setelah Esteban Ocon finis pertama di GP Hungaria.

Sosok Davide Brivio tampak hadir di sela-sela balapan MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, akhir pekan lalu. Pada kesempatan ini, ia menceritakan betapa pentingnya peran Valentino Rossi dalam karier manajerialnya di MotoGP.

Pria asal Italia itu bahkan merasa berhutang kepada The Doctor. "Saya memiliki seribu kenangan, itu (kebersamaan di Yamaha) adalah tahun-tahun yang indah," jawab Brivio saat ditanya Valentino Rossi bakal pensiun pada penghujung MotoGP 2021.

"Saya juga berutang segalanya dari sudut pandang pribadi kepada Valentino. Saya di Yamaha, dia di Honda (tahun 2003), kami bernegosiasi dan kemudian kami langsung menang (2004)."

"Saya belajar banyak darinya, dia mengubah pendekatan Yamaha terhadap balap," lanjut pria yang kini berusia 57 tahun itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Peran Valentino Rossi

Davide Brivio bahkan mengungkapkan keputusan Suzuki memperkerjakan dirinya sebagai manajer tim pada 2013 juga lantaran rekam jejak apiknya bersama Valentino Rossi.

Dari aspek ini saja, menurut Brivio, peran Valentino Rossi sangat penting dalam kariernya. "Mulai dari perhatian terhadap hal detail, mulai dari personel tim sampai setelan motor tanpa pernah merasa puas," ungkap Brivio saat ditanya hal apa yang ia pelajari dari sosok Valentino Rossi.

"Dan kemudian saya belajar banyak mengenai hubungan dengan pembalap. Dia selalu menjelaskan banyak hal kepada saya. Kami selalu memiliki hubungan yang hebat," lanjutnya.

Pada tahun 2010-2-13, Davide Brivio sempat dipekerjakan oleh Valentino Rossi sebagai konsultan, khususnya untuk perkembangan akademi VR46.

Jadi jika sekarang VR46 bisa melahirkan pembalap seperti Franco Morbidelli, maka sosok Davide Brivio juga punya kontribusi besar.

Sumber: Corsedimoto

Video Populer

Foto Populer