Sukses


MotoGP: Deretan Fakta Menarik Brad Binder, Sang Pemenang GP Austria 2021

Bola.com, Jakarta - Gila! Brad Binder dengan cara luar biasa berhasil memenangi GP Austria 2021. Pembalap Red Bull KTM itu nekat tidak ganti motor meski hujan turun di akhir balapan, namun perjudian itu berakhir membuatnya finis di depan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Semua bermula ketika hujan mulai membasahi Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria memasuki lap-lap terakhir. Brad Binder memutuskan untuk tidak mengganti ban.

Pembalap asal Afrika Selatan itu terus melaju motornya dengan ban kering. Binder mengaku sempat takut, tapi perjudian itu berhasil.

"Itu benar-benar menakutkan! Ketika saya melihat hujan datang, saya mencoba menghitung berapa detik putaran yang bisa saya lepas jika saya tetap pada slick dan ketika saya melihat semua orang masuk, saya memutuskan untuk bertaruh," kata Binder.

Alhasil, dengan sisa lap yang ada, tak ada pembalap MotoGP yang mampu menyalipnya lagi. Tanpa adangan berarti, Brad Binder menyudahi GP Austria dengan finis di podium pertama.

Berikut ini fakta-fakta menarik Brad Binder yang berhasil dihimpun Bola.com:

Video

2 dari 3 halaman

Fakta-Fakta Menarik Brad Binder

  • 1) Brad Binder sukses mencatat waktu lap tercepat perdananya di MotoGP dalam balapan di Brno, yang juga merupakan lap tercepat pertama bagi seorang pembalap KTM. Binder juga menjadi pembalap KTM pertama yang mampu memimpin jalannya balap MotoGP.
  • 2) Kemenangan di MotoGP Ceska 2020, merupakan yang pertama bagi Brad Binder di kelas premier. Ia juga merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP. Ia juga rider non-Eropa pertama yang sukses menang di MotoGP sejak Jack Miller (Australia) di MotoGP Belanda 2016.
  • 3) Sebelum Brad Binder, pembalap Afrika Selatan terakhir yang mampu meraih podium di kelas tertinggi (GP500/MotoGP) adalah Kork Ballington yang finis ketiga di GP Finlandia pada 9 Agustus 1981.
3 dari 3 halaman

Memulai Karier dari Karting

  • 4) Brad Binder juga merupakan debutan pertama yang mampu meraih kemenangan di MotoGP sejak Marc Marquez di Circuit of The Americas, Austin, Texas, pada 2013 lalu.
  • 5) Brad Binder memulai karier di dunia balap lewat karting ketika masih berusia delapan tahun. Memasuki usia 10 tahun, ia memutuskan pindah ke balapan roda dua karena merasa tertantang.

Video Populer

Foto Populer