Sukses


Bukan Cuma MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak Gelar F1 tapi Butuh Penyesuaian untuk Penuhi Standar FIA

Bola.com, Jakarta - Indonesia sebentar lagi bakal memiliki sirkuit balap bertaraf intenasional. Adalah Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok yang kini pengerjaannya sudah mencapai 98 persen.

Sirkuit Mandalika bahkan sudah diplot menggelar seri terakhir World Superbike pada bulan November nanti. Muaranya, trek ini bakal menggelar balapan MotoGP 2022.

Bukan hanya MotoGP dan Superbike, ke depannya, Sirkuit Mandalika juga disebut layak untuk menggelar ajang balap Formula 1.

Direktur Konstruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dwianto Eko Winaryo mengungkapkan Sirkuit Mandalika secara teknis bisa digunakan untuk gelaran Formula 1.

Hanya saja syaratnya Sirkuit Mandalika butuh penyesuaian untuk memenuhi standar FIA. Seperti, misalnya pemasangan gravel dan area runoff untuk balap motor dan mobil harus berbeda.

"Secara teknis, sirkuit ini bisa (untuk F1) tapi membutuhkan penyesuaian untuk memenuhi standar FIA, butuh penambahan-penambahan untuk meyakinkan bahwa sirkuit ini aman," ujar Dwi melalui keterangan pers yang diterima Bola.com.

2 dari 3 halaman

Bertemu dengan Pemangku Kepentingan F1

Sementara itu Direktur Utama MGPA, Ricky Baheramsjah mengungkapkan pada 2018 dan 2019, pihaknya telah bertemu dengan sejumlah tim dan perwakilan F1 untuk memperkenalkan Sirkuit Mandalika yang bakal dibangun Indonesia.

"Secara umum, sirkuit siap untuk menggelar ajang balap mobil dan motor, tapi pekerjaan kami sekarang adalah WSBK dan MotoGP," kata Ricky.

"Di masa depan, kalau ingin gelar F1 kami akan selalu terbuka untuk itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Beda Syarat untuk FIA dan FIM

Untuk diketahui, menjadi tuan rumah WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika harus memenuhi standar dari federasi balap motor internasional FIM.

Sedangkan untuk gelaran F1, sirkuit tersebut harus memenuhi standar dari FIA yang menaungi balapan jet darat tersebut.

Saat ini pengerjaan aspal trek telah selesai pada pertengahan Agustus dan MGPA selaku promotor Grand Prix Mandalika masih memiliki pekerjaan rumah menyelesaikan unsur pendukung.

Seperti pagar pembatas luar dan dalam, pusat medis, tenaga kesehatan hingga marshal yang sesuai standar FIM.

 

Video Populer

Foto Populer