Skorsing 4 Tahun Akibat Doping, Apa Kabar Andrea Iannone? Mengaku Bisa Bunuh Diri atau Jadi Gila

Oleh Hendry Wibowo pada 23 Sep 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 17:00 WIB
Andrea Iannone
Andrea Iannone saat berlomba bersama Aprilia di MotoGP 2019. (Twitter/Andrea Iannone)

Bola.com, Jakarta - Setelah sekian lama menghilang, Andrea Iannone nongol pada balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano akhir pekan lalu.

Andrea Iannone terpaksa menghilang dari dunia MotoGP akibat hukuman skorsing larangan balapan selama empat tahun akibat penggunaan doping.

Pada 3 November 2019 pada sela-sela balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Andrea Iannone menjalani tes doping dan ditemui zat terlarang dalam tubuhnya.

Zat tersebut masuk ke tubuhnya karena mengkonsumsi makanan yang tidak ia kira bisa merusak kariernya. Oleh karena itulah, Andrea Iannone sampai sekarang masih merasa hancur lantaran mendapat hukuman sangat berat.

"Sulit untuk menjelaskan bagaimana saya. Seolah-olah saya memiliki sesuatu di dalam diri saya yang membunuh saya setiap hari," kata Andrea Iannone saat diwawancara AS.

"Karena mereka tidak membiarkan saya melakukan yang terbaik, yaitu mengendarai motor. Aku merindukannya setiap hari," lanjut pembalap asal Italia itu.

2 dari 3 halaman

Bisa Bunuh Diri atau Gila

Andrea Iannone
Sanksi berat bisa menghampiri Andrea Iannone kalau terbukti bersalah menggunakan doping di MotoGP Malaysia (AFP)

Andrea Iannone mengakui dirinya berusaha melewati hari-hari dengan aktifitas masih sama seperti layaknya seorang pembalap, seperti rutin berlatih fisik.

Hal-hal seperti ini membantunya meringankan pikiran. Menurutnya hukuman skorsing ini bisa saja membuatnya bunuh diri atau gila jika terlalu memikirkannya.

"Sebelum saya tidur setiap malam dan ketika saya bangun setiap pagi, saya merasa seperti pembalap dan berlatih seperti pembalap," jelas Andrea Iannone.

"Saya hidup seolah-olah saya seorang pembalap. Tapi saya tidak bisa terus memikirkannya, kalau tidak saya akan bunuh diri atau menjadi gila," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Salah Satu Pembalap Berbakat

Andrea Iannone
Andrea Iannone berhasil juara MotoGP Austria (JOE KLAMAR / AFP)

Andrea Iannone sempat digadang sebagai salah satu pembalap berbakat di ajang MotoGP dan dianggap punya kemampuan untuk bersaing melawan Marc Marquez.

Puncak kariernya terjadi bersama tim pabrikan Ducati. Pada musim 2015, ia sempat naik podium sebanyak tiga kali dan mengakhiri musim di posisi kelima.

Tahun berikutnya, ia untuk kali pertama meraih kemenangan pada balapan MotoGP, tepatnya di Sirkuit Red Bull Ring. Kemenangan itu sangat penting buat Ducati karena mengakhiri puasa podium pertama sejak era Casey Stoner.

Sumber: Corsedimoto

Lanjutkan Membaca ↓