Sukses


Daftar Pemenang Balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit COTA, Austin: Marc Marquez Berjaya Lagi?

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2021 bakal masuk seri krusial. Adalah seri ke-15 dengan titel MotoGP Amerika Serikat dan berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, akhir pekan ini.

Berbicara MotoGP Amerika Serikat, khususnya sejak diadakan di COTA, tentu tidak lengkap jika tidak menyebutkan satu nama yaitu Marc Marquez.

Ya, Marc Marquez punya rekam jejak sangat apik setiap kali balapan di Sirkuit COTA. Tercatat ia sudah merasakan enam kemenangan dan diraih secara berturut-turut: 2013-2018.

Pada edisi 2019, Marc Marquez juga punya kans besar meraih kemenangan. Start balapan dari posisi pertama atau pole position, ia memimpin balapan tanpa gangguan berarti dari posisi kedua.

Namun sayang di lap 8, ia melakukan kesalahan ketika melahap Tikungan 12 dan harus terjatuh. Pembalap Repsol Honda ini sempat berusaha melanjutkan balapan, tapi motornya terlalu rusak dan akhirnya DNF alias gagal finis.

MotoGP Amerika Serikat 2019 akhirnya dimenangkan pembalap Suzuki, Alex Rins. Pembalap asal Spanyol itu pun menahbiskan diri sebagai satu-satunya pembalap selain Marc Marquez bisa menang di Sirkuit COTA pada ajang MotoGP.

Satu tahun berikutnya, balapan MotoGP Amerika Serikat harus ditiadakan akibat pandemi COVID-19. Kini tidak bisa dimungkiri, jelang edisi 2021, nama Marc Marquez kembali favorit untuk finis pertama.

2 dari 3 halaman

Alasan Marc Marquez Sangat Kuat di Sirkuit COTA

Fakta Marc Marquez begitu digdaya di Sirkuit COTA tidak lain lantaran trek ini punya tipe anti-clockwise alias berlawanan arah jarum jam.

Marc Marquez memang dikenal sangat kompetitif pada trek yang memiliki lebih banyak tikungan ke arah kiri ketimbang kanan.

Sangat terlihat dominasi Marc Marquez pada balapan MotoGP Amerika Serikat. Tidak hanya menang, kurun waktu 2013-2019, ia juga selalu mendapatkan pole position.

Namun pada edisi 2018, ia mendapat penalti turun tiga posisi ketika memulai balapan. Hebatnya meski hanya start keempat, Marc Marquez tetap finis pertama pada balapan edisi tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang Balapan MotoGP Amerika Serikat

Pemenang Balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit COTA

  • 2013 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2014 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2015 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2016 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2017 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2018 - Marc Marquez (Repsol Honda)
  • 2019 - Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  • 2020 - dibatalkan akibat pandemi COVID-19

Video Populer

Foto Populer