Sukses


3 Sosok Paling Penting Mewarnai Kejayaan Karier Valentino Rossi di MotoGP: Ada yang Setia Mendampingi Sampai Sekarang!

Bola.com, Jakarta - Keputusan sudah bulat. Setelah berkarier selama 26 tahun di Kejuaraan Dunia Balap Motor dan 22 musim dihabiskan pada kelas tertinggi, Valentino Rossi bakal pensiun.

Balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, akhir pekan ini bakal jadi race terakhir Valentino Rossi.

Valentino Rossi tentu telah melakukan banyak hal untuk olahraga ini. Bahkan banyak yang menyebut MotoGP tidak akan seperti sekarang tanpa kontribusi seorang Valentino Rossi.

Valentino Rossi memang cukup lama berstatus sebagai ikon MotoGP. Bukan cuma soal total gelar juara dunia di semua kelas yang telah mencapai sembilan, aksi-aksinya di dalam maupun luar trek begitu disukai fans.

Nah pada artikel ini, Bola.com memilih tiga nama sosok yang begitu penting untuk karier seorang Valentino Rossi. Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

 

2 dari 4 halaman

1. Jeremy Burgess

Kepala kru tim dua pembalap asal Australia yang sukses mengecap titel juara dunia kelas 50cc yaitu Wayne Gardner dan Mick Doohan. Selepas Doohan pensiun, Jeremy Burgess pun berpartner dengan Valentino Rossi.

Kolaborasi antara Jeremy Burgess dan Valentino Rossi sangat luar biasa: melahirkan tujuh titel juara dunia. Burgess pun terus mengikuti karier Rossi dari Honda, Yamaha, Ducati dan kembali ke Yamaha.

Rossi dan Burgess baru berpisah pada tahun 2014 dan kala itu jabatan kepala kru tim The Doctor menjadi milik Silvano Galbusera.

3 dari 4 halaman

2. Davide Brivio

Valentino Rossi pernah mengakui sosok Davide Brivio memainkan peran penting saat meyakinkan dirinya untuk meninggalkan Honda dan gabung Yamaha pada MotoGP 2004.

Kolaborasi Brivio dan Rossi di tim pabrikan Yamaha melahirkan empat titel juara dunia MotoGP milik The Doctor. Saat Rossi hengkang ke Ducati musim 2010, Brivio turut meninggalkan Yamaha.

Namun kala itu, ia menjadi konsultan Rossi dan akademi VR46 kurun waktu 2010-2013. Pada akhirnya, Brivio hengkang ke Suzuki plus membawa Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020.

4 dari 4 halaman

3. Uccio Salucci

Jika Anda mengenal Valentino Rossi, maka Anda juga familiar dengan yang satu ini. Namanya adalah Uccio Salucci.

Uccio merupakan sahabat Valentino Rossi sejak masih kecil. Keduanya juga lahir di kampung yang sama yaitu Tavullia.

Uccio mengikuti kemanapun karier seorang Rossi dari kelas 125cc sampai MotoGP saat ini. Tidak heran, Uccio juga mendapat jabatan strategis di tim balapan milik Rossi maupun akademi balap yang ia miliki.

 

Video Populer

Foto Populer