Sukses


Grazie Vale! Inilah 4 Catatan Manis yang Bisa Diukir Valentino Rossi pada MotoGP Valencia

Bola.com, Jakarta - MotoGP Valencia bakal jadi momen bersejarah buat para penikmatnya. Valentino Rossi, setelah lebih dari 25 tahun berkarier, akan menjalani sesi balapan terakhirnya.

Sisa-sisa kejayaan Valentino Rossi masih terlihat sejak sesi latihan bebas (free practice) di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Pembalap asal Italia itu bahkan mampu mencatatkan waktu tercepat ke-10 pada kualifikasi.

Banyak rekor dan sejarah berhasil ia bukukan. Vale, begitu ia akrab disapa, menjadi satu-satunya rider yang berstatus juara dunia pada kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Podium tertinggi Valentino Rossi terakhir kali didapat pada 2017 di Sirkuit Assen, Belanda. Terlihat memang bahwa ia kesulitan bersaing dengan para pembalap muda di usainya yang sudah menua.

Namun demikian, pembalap berjulukan The Doctor itu tetap dianggap sebagai satu di antara atlet terbaik, bukan cuma di MotoGP, tapi juga secara umum di dunia olahraga.

Pada seri pemungkas Valentino Rossi di MotoGP, ada sejumlah catatan manis yang bisa diukirnya. Apa saja? Berikut ini Bola.com mengulasnya.

2 dari 5 halaman

Podium ke-200

Valentino Rossi sudah menaiki podium sebanyak 199 kali. Jika berhasil meraih setidaknya posisi ketiga pada MotoGP Valencia hari ini, Minggu (14/11/2021), maka itu akan jadi kali ke-200 baginya.

Seperti sudah disebutkan di atas, podium terakhirnya didapat pada November 2017 di Sirkuit Assen. Apakah Sirkuit Ricardo Tormo bakal jadi tempat manis bagi Valentino Rossi?

3 dari 5 halaman

Total Balapan

Valentino Rossi menghabiskan 26 musim di MotoGP dan telah mengoleksi 423 balapan. Ia akan menutup kariernya dengan total 424 balapan sepanjang kariernya.

Tidak ada satupun pembalap MotoGP yang mampu menyamai rekor balapan tersebut, setidaknya hingga detik ini.

4 dari 5 halaman

Putus Catatan Buruk di Valencia

MotoGP Valencia sebetulnya bukan seri favorit buat Valentino Rossi. Kemenangan terakhir yang didapatnya terjadi pada 2004 silam.

Mengincar gelar juara alias podium pertama di Sirkuit Ricardo Tormo memang tak mudah baginya. Akan tetapi, tidak ada yang tak mungkin buat Valentino Rossi.

5 dari 5 halaman

Genapi Titel Juara ke-90 di Kelas 500cc dan MotoGP

Di kelas 500cc dan MotoGP, Valentino Rossi masih memegang rekor kemenangan terbanyak, yakni 90 kali. Hanya Giacomo Agostini (68) dan Marc Marquez (57) yang paling mendekati.

Dari 89 podium teratas yang diperolehnya, sebanyak 56 di antaranya diraih saat mengendarai motor Yamaha.

Video Populer

Foto Populer