Kondisi Penglihatan Marc Marquez Membaik, Siap Gaspol pada MotoGP 2022

Oleh Gregah Nurikhsani pada 14 Jan 2022, 22:45 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 22:45 WIB
MotoGP - Ilustrasi Marc Marquez
MotoGP - Ilustrasi Marc Marquez (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez menuturkan gangguan penglihatan pada matanya kini berangsur membaik. Ia gembira seraya menyambut positif MotoGP 2022.

Marc Marquez menderita penyakit bernama diplopia atau penglihatan ganda. Itu dialaminya jelang berakhirnya MotoGP 2021, sehingga membuatnya urung tampil pada dua seri terakhir tahun lalu.

Kurang lebih dua bulan menjalani pemulihan, pembalap Repsol Honda berkebangsaan Spanyol itu diketahui rajin mengunjungi dokter khusus agar bisa kembali membalap.

Hasilnya menggembirakan. Marquez sudah bisa beraktivitas laiknya pebalap profesional, ditandai dengan latihan motocross, Kamis (13/1/2022).

"Saya senang sekali bisa kembali naik motor untuk kali pertama setelah kurang lebih tiga bulan beristirahat panjang. Proses itu sangatlah rumit karena banyak kemungkinan mengenai visual saya," ujar Marc Marquez dinukil dari Speedweek.

"Sekarang sudah ada peningkatan signifikan. Sungguh saya menjalani masa-masa sulit sejak kecelakaan itu. Saya ikuti instruksi tim dokter," ujarnya lagi.

 

2 dari 2 halaman

Sudah Diizinkan

Marc Marquez
Marc Marquez berbincang dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat datang ke Sirkuit Catalunya, Barcelona, September 2020 lalu. (LLUIS GENE / AFP)

Lebih lanjut, dr. Dalmau, dokter yang selama ini mengobati Marc Marquez, sudah memberikan izin kepada 'pasiennya' untuk menggeber motor. Motocross jadi pilihannya karena menuntut visual yang presisi.

"Saya lega ketika dr. Dalmau memberikan izin kepada saya mengendarai motor lagi. Saya memilih motocross karena saya mesti mengemudi dengan tepat dan presisi."

"Melewati tanjakan, turunan, dan lompatan yang presisi pula. Sejauh ini saya tidak merasakan gangguan pada mata saya lagi," ujarnya melanjutkan.

"Hasilnya cukup positif. Setelah ini saya mau coba motor aspal. Mungkin CBR1000 atau RCV," katanya lagi dinukil dari YouTube Honda.

Sumber: YouTube Honda, Speedweek

Lanjutkan Membaca ↓